Senin, 5 Agustus 2013 – Bidang Haji & Umroh
Medan Kloter I

Medan (Infomas). Jamaah calon haji asal Medan yang terdiri dari KBIH Hijir Ismail/Hupmi, Al Mukarromah,Al Mukhlisin dan perorangan 3 orang merupakan kloter pertama Embarkasi Medan pada musim haji 1434 H yang akan diberangkatkan pada tanggal 10 September 2013 melalaui Bandara Kualamanu International Airport (KNIA).

Qur’ah atau pengundian bagi para calhaj masing-masing kabupaten/kota di gelar di Asrama Haji Pangkalan Masyhur Medan yang dirangkai dengan buka buasa bersama dengan Menteri Agama,Tokoh Agama dan Kelurga Besar Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, Minggu (4/8).

Hadir pada acara tersebut Menteri Agama RI Suryadharma Ali,Gubernur Sumatera Utara H.Gatot Pujo Nugroho dan Wakil Gubernur H.T. Erry Nuradi,Kakanwil Kemenagsu Drs.H.Abd.Rahim,M.Hum Plt Walikota Medan Dzulmi Eldin,Anggota Komisi VIII DPR RI H.Hasrul Azwar,Ketua MUI Sumut Prof.DR.Abdullah Syah,MA,Ketua MUI Kota Medan Prof.DR.H.Mohd.Hatta, serta undangan lainnya.

Menteri Agama mengharapkan calhaj yang ditunda keberangkatannya tahun ini karena porsinya terpangkas untuk bersabar,karena semua itu diluar keinginan kita, justru Pemerintah Arab Saudi memikirkan keselamatan jamaah akibat renovasi di sekitar Masjidil Haram.

“Pemerintah Arab Sudi sebelumnya telah mengeluarkan kebijakan memotong kuota haji seluruh dunia sebesar 20 % karena renovasi besar-besaran lokasi tempat tawaf yang awalnya bisa menampung 48 ribu jamaah per jam, namun karena renovasi besar-besaran ini hanya dapat menampung 22 ribu jamaah per jam,” ungkap Menag.

Suryadharma Ali menerangkan bahwa proyek renovasi Masjidil Haram baru akan selesai tahun 2015. Artinya pada dua musim haji berikutnya juga akan terjadi pengurangan kuota haji.”Hanya saja akan disesuaikan setelah evaluasi usai musim haji tahun ini,” ujar Menteri.

“Kementerian Agama telah meminta kepada Arab Saudi setelah renovasi Masjidil Haram selesai,maka Pemerintah Indonesia mengharapkan kuota haji Indoensia adalah 100 persen ditambah akumulasi pemotongan.Jadi pada musim haji 2016-2017 nanti kuota haji Indonesia akan menjadi 160 atau 180 persen mengingat waiting list haji Sumut sudah mencapai 12 tahun.Khusus untuk jamaah uzur dan penyandang cacat,menag menjelaskan,Pemerintah Arab Saudi telah membuat jalur khusus tawaf dengan kapasitas 7.000 jamaah/jam. “Dengan demikian jamaah resti dan sepuh akan lebih nyaman,” ujarnya.

Sementara itu Gubsu H.Gatot Puju Nugroho mengucapkan terima kasih kepada Menteri Agama Suryadharma Ali yang menyempatkan waktu untuk menghadiri qur’ah kloter jamaah haji Embarkasi medan tahun ini.

Kakanwil Kemenagsu Drs.H.Abd.Rahim,M.Hum dalam laporannya menyampaikan bahwa jumlah jamaah haji Sumut tahun ini setelah pengurangan kuota sebanyak 6.588 orang ditambah 75 orang petugas haji.Dengan demikian jum;ah keseluruhannya sebgayka 6.663 orang,”ungkapnya

Berikut hasil Qur’ah kloter : Kloter 1 : Medan dari KBIH Hijir Ismail/Hupmi,AL Mukarromah,Al Mukhlisin, perorangan 3 orang dan petugas 5 orang, Kloter 2 : Medan dari KBIH Jabal Noor,Al Fitriyah,Mahyudiniyah,Labuhan Batu Utara,Pakpak Bharat, perorangan 1 orang dan petugas 5 orang,Kloter 3 : Padang Lawas,Tapanuli Selatan,Medan KBIH An Nabawi,perorangan 3 orang dan petugas 5 orang,Kloter 4 : Padangsidimpuan,Sibolga dan petugas 5 orang,Kloter 5 :Medan KBIH Al Abidin,Muhammadiyah,Al Adiyah,Padang Arafah,Umul Quro,UMSU dan petugas 5 orang,Kloter 6 :batubara,Tanjung Balai,Tapanuli Tengah,Nias,Medan KBIH Salman Al farisi,Al Amar dan petugas 5 orang,Kloter 7 :Deli Serdang,Medan dan petugas 5 orang,Kloter 8 : Labuhan Batu Selatan,Padang lawas Utara,Toba samosir,Tapanuli Utara,Medan,perorangan 3 orang dan petugas 5 orang,Kloter 9 : Langkat,Medan dari Pemprovsu,Nurhidayah,perorangan 2 orang dan petugas 5 orang,Kloter 10 : Tebing Tinggi,Pematang Siantar Simalungun, Medan KBIH Al Mukhtar,Al arafah dan petugas 5 orang,Kloter 11 :Binjai,Serdang Bedagai,Medan dari Kodam,perorang 1 orang dan petugas 5 orang,Kloter 12 : Asahan,Medan KBIH Al Anshor danpetugas 5 orang,Kloter 13 :Medan KBIH Al Multazam,An Nidau,Al Mansurin,Al Marwah,Medan,perorangan 2 orang dan petugas 5 orang,Kloter 14 :Madina,Karo,Dairi dan petugas 5 orang, Kloter 15 : Labuhan Batu,Medan KBIH Al Alawi/An Nur dan petugas 5 orang,Kloter 16 : Medan KBIH Al Madinah dan perorangan 17 orang.

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.139388 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 788332
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.