Senin, 2 April 2012, 16:41 –
Rektor IAIN Sumut: Pendidikan Strata 1 Tidak Memadai Lagi

Medan, (Hukmas & KUB)). Rektor IAIN Sumut Prof Dr Nur Ahmad Fadhil Lubis MA mengatakan, menyelesaikan pendidikan tinggi hanya pada jenjang Strata 1 (S1), saat ini sudah tidak memadai lagi. Agar tetap dapat eksis di tengah persaingan yang semakin ketat, seseorang minimal harus berpendidikan Strata 2 (S2), dan sebaiknya terus melanjutkan studi ke jenjang pendidikan S3.

“Karenanya, bagi alumni IAIN Sumut di manapun berada, saya undang agar berkenan melanjutkan studi ke jenjang S2 dan S3 melalui Program Pasca Sarjana yang diselenggarakan IAIN Sumatera utara,” kata Rektor Prof NA Fadhil Lubis, pada perhelatan Reuni dan Silaturahmi Alumni Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah di halaman fakultas tersebut, Sabtu (31/3).

Reuni yang berlangsung semarak tersebut, dihadiri sejumlah alumni PAI FT IAIN Sumut yang telah sukses di bidangnya masing-masing, di antaranya Drs H Sofyan MM (Sekdakab Asahan), Usman Hasibuan SAg (Bendahara DPW PAN Sumut), Prof Dr Syafaruddin, H Irwan Nasution MSc, Dr Fakhruddin Azmi, Dr Mardianto, Ira Suryani MSi, Hj Sulhati Syam MA, Drs H Bahasan Siregar, Drs Amiruddin Siahaan MPd, Mesiono MPd, HM David Saragih MM, Muhammad Rifa“i MPd, Drs Hendri Fauza MPd, Ray Khairuddin MA dan lainnya.

Lebih jauh Rektor mengungkapkan, jumlah alumni IAIN Sumut sudah 30 ribu lebih dan banyak pula terdapat di Malaysia dan Thailand. “Insya Allah dalam waktu dekat, kita akan menggelar reuni akbar seluruh alumni IAIN Sumatera Utara, demi kemajuan sekaligus memperkokoh silaturahmi dan ukhuwah antaralumni,“katanya.

Sementara, Dekan Fakultas Tarbiyah Prof Dr Syafaruddin Siahaan MPd mengatakan, Fakultas Tarbiyah memerlukan kekuatan alumni sebagai stakeholders (pihak berkepentingan) terhadap lulusan profesional yang dihasilkan fakultas sebagaimana diharapkan. Dan, alumni juga memiliki ekspektasi terhadap kualitas lulusan yang diperlukan masyarakat dalam dinamika kontemporer.

“Dengan begitu, posisi dan peran alumni yang begitu strategis dapat memberikan kontribusi yang cerdas bagi perubahan dan pengembangan lembaga, serta kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat pemakai dalam kerangka pembangunan nasional berkelanjutan (sustainable development),” kata Syafaruddin, sembari menambahkan kolaborasi lebih bermakna sangat dinantikan dari alumni.

Sedangkan Ketua Panitia Reuni Usman Hasibuan SAg menyampaikan apresiasi atas sambutan positif Rektor dan Dekan FT, terhadap reuni dan silaturahmi yang digelar alumni PA/ PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Sumut tersebut. “Seluruh alumni siap memberikan kontribusi demi kesuksesan konversi IAIN menuju Universitas Islam Negeri (UIN),” kata mantan anggota DPRD Sumut ini. (Anl)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.043042 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1317359
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.