Kreatifitas Siswa MTsN 1 Asahan Mengolah Barang Bekas

Kreatifitas Siswa MTsN 1 Asahan Mengolah Barang Bekas Foto Peserta didik MTSN Meranti sedang mengolah tempurung kelapa.

Kisaran (Inhum). Peserta didik MTsN 1 Asahan / MTsN Meranti mengumpulkan tempurung kelapa pada hari sabtu 11 agustus 2018 untuk dirakit menjadi huruf - huruf sehingga membentuk kata Adiwiyata . Pekerjaan ini merupakan persiapan menuju adiwiyata provinsi. Pembenahan di lakukan di berbagai bidang , penataan taman , ruang kelas , perpustakaan, ruang BK , laboratorium , ruang UKS , kantor , WC dan kantin serta administrasi madrasah.

Jaka sandi Nova sebagai guru mata pelajaran prakarya membimbing peserta didik mengolah dan merakit tempurung kelapa . Beliau menjelaskan tempurung kelapa yang sudah terkumpul di pilah terlebih dahulu berdasarkan besar kecilnya lalu di bersihkan satu persatu. Kemudian tempurung kelapa di bentuk ukurannya sama besar menggunakan grenda . Selanjutnya tempurung disusun diatas triplek dan dirakit menjadi hurup menggunakan lem , lalu di cat. Pakerjaan terahir adalah memberi tiang pada tulisan .

Jaka mengatakan bahwa banyak barang bekas disekitar kita yang tidak dimanfaatkan bahkan menjadi sampah yang merusak lingkungan .

"Andai saja kita mau mengolah dan memanfaatkan barang bekas pasti lingkungan kita bersih dan bisa saja barang bekas yang kita olah dapat dijual sehingga menambah penghasilan. Seperti tempurung kelapa ini mudah di dapat dan banyak jumlahnya di sekitar tempat tinggal kita. Banyak yang bisa diciptakan dari tempurung kelapa yang berupa kerajinan," ungkapnya.

Kepala MTsN Meranti Elda Ayumi sangat berterima kasih kepada Jaka yang telah membimbing peserta didik menciptakan sesuatu yang baru , membuat peserta didik jadi kreatif.

"Bukan hanya kerajinan tangan tetapi Jaka juga memanfaatkan lahan madrasah menjadi kebun mini untuk bercocok tanam bersama peserta didik sebagai pembelajaran bagi mereka," ungkap Elda.

36 DIBACA

Hari Pertama Kerja, MAN Tanjungbalai Dipadati Calon Siswa Baru

Kakankemenag Labura Pimpin Apel Perdana Pasca Libur Lebaran

Usai Libur Lebaran, Kemenag Sergai Gelar Apel Perdana

Tim Itjen Kemenag RI Sidak Kehadiran ASN Kanwil Kemenagsu

Rekap Laporan Absensi Kahadiran PNS Sebelum dan Sesudah Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1438 H