Siswa MAN Karo Ikuti Latihan Tilawah dan Tahfiz Alquran

Siswa MAN Karo Ikuti Latihan Tilawah dan Tahfiz Alquran

Kabanjahe (Inhum). Mengisi waktu libur hari ahad delapan siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Karo mengikuti latihan tilawah Alquran dan Tahfiz Alquran. 

Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Nurul Ikhlas Desa Ketaren Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo. Kegiatan ini merupakan salah satu program masjid di Ketaren bekerjasama dengan remaja masjid di sekiran Berastagi dan Kabanjahe. 

Selanjutnya salah seorang siswa MAN Karo Rayan Al-ghazali menjelaskan bahwa kegiatan ini sebenarnya telah berlangsung sejak bulan januari 2018 yang lalu. 

"Sebenarnya kegiatan ini telah berlangsung sejak bulan januari 2018 yang lalu. Sejak dari awal kami memang telah ikut bergabung dalam kegiatan ini,"katanya.

"Alhamdulillah saat ini remaja yang mengikuti kegiatan ini semakin bertambah, kalau dikumlah seluruhnya berkisar 27 orang, namun karena mendekati perayaan Hari Ulang Tahun RI ke 73, sebagian dari teman-teman ada yang melarih siswa SD bermain drumb band untuk kegiatan karnaval dalam memeriahkan HUT RI ke 73," tutupnya.

Sementar itu Rana Alfiyah yang merupakan siswa kelas X jurusan ilmu-ilmu keagamaan menjelaskan bahwa, dalam kegiatan ini tidak hanya siswa MAN saja yang mengikutinya, namun ada juga siswa dari SMA Negeri 1 Berastagi dan SMA Negeri 1 Tiga panah.

"Kegiatan pelatihan tilawah Alquran dan Tahfiz ini, tidak hanya diikuti oleh siswa madrasah saja, namun juha diikuti oleh siswa SMA N 1 Berastagi dan SMA NEGERI 1 Tiga panah. Alhamdulillah dengan adanya kegiatan ini kami pun dapat saling bersilaturahim dan saling kenal mengenal, jelasnya pada Minggu 13 Agustus 2018.

Selanjutnya sekretaris BKM Masjid H.Guna Bangun, S.Pd menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan perwujudan dari komitmen pengurus masjid untuk mengadakan pembinaan generasi muda khsusnya remaja.

"Kegiatan ini merupakan perwujudan dari komitman kami bersama sebagai pengurus masjid dalam membina generasi muda khususnya remaja sekitaran Berastagi dan Kabanjahe. Alhamdulillah sejak januari yang lalu jumlah remaja yang memgikuti kegiatan ini terus bertambah," ujarnya.

"Selain pembinan tilawah Alqura  dan tahfiz Alquran, kami pengurus BKM Nurul Ikhlas juga melaksanakan kegiatan subuh berjamaah dan dilanjutkan dengan tausiah subuh. Alhamdulillah mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat dan mendatangkan keridhaan dan rahmat dari Allah SWT, tutupnya. 

Senada dengan hal tersebut WKM Humas MAN Karo Ahmad Yani, M.Kom.I yang merupakan pelatih dalam kegiatan tersebut menuturkan bahwa kegiatan ini sangat dibutuhkan pada saat ini mengingat banyaknya tantangan yang dihadapi oleh generasi muda.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat dan tentunya juga sangat dibutuhkan oleh generasi remaja. Dengan adanya kegiatan ini remaja dapat kembali mengenal dan mendekatkan dirinya kepada Alquran, dan membaguskan kembali bacaan Alquran,"Katanya.

"Dalam kegiatan ini juga saya kembali mengingatkan remaja tentang ilmu tajwid mulai dari hulum nun dan tanwin, malhariju Alhuruf, sifatu Alhuruf, hukum nun dan mim ghunnah dan lain sebagainya, tutupnya. 

Senada dengan hal tersebut Kepala MAN Karo Drs. Hotman Efendi Tanjung, MMPd menuturkan bahwa sebagai warga madrasah kita selalu siap untuk menghidupkan dan mengembangkan ajaran Islam di Tanah Karo, karena pada hakikatnya kita merupakan juru dalwah juga, jelasnya. (ays)

9 DIBACA

MAN 2 Model Medan Gelar Acara Silaturrahmi dengan Orangtua Siswa

MAN 2 Model Medan Laksanakan Pembagian Raport

Kepala MAN 2 Model Medan Tinjau Pelaksanaan Ujian Masuk PPDB

MAN 2 Model Medan Gelar Ujian Masuk Calon Peserta Didik Baru

Asesmen Kompetensi Untuk Mengukur Potensi ASN Secara Akurat