Jamaah Haji Penderita Diabetes Melitus Sebaiknya Melaksanakan Tawaf di Malam Hari

Jamaah Haji  Penderita Diabetes Melitus Sebaiknya Melaksanakan Tawaf di Malam Hari

Kisaran ( Inhum ).  Tim kesehatan dari dinas kesehatan Kabupaten Asahan dr. Ahmad menyampaikan materi tentang menjaga kesehatan saat beribadah haji kepada calon jamaah haji dalam kegiatan manasik haji Kankemenag Asahan di Masjid Nurul Yaqin Komplek PT. BSP Kisaran, Selasa 11 Juli 2017. 

Ahmad mengatakan Menjaga stamina fisik dan kesehatan adalah yang utama, namun para jamaah bisa saja tertukar penyakit dari jamaah lain yang sedang sakit, misalnya penyakit flu serta batuk pilek yang mudah menyebar. Selalulah menggunakan masker jika sedang melaksanakan ibadah haji , perbanyak konsumsi air mineral agar tidak dehidrasi dan bagi jamaah haji yang menderita penyakit kronis sebaiknya membawa obat-obat yang memang harus dikonsumsi secara rutin.

Ditambahkannya bahwa bagi jamaah haji penderita diabetes / kencing manis sebaiknya menghindari tempat terbuka yang terpapar sinar matahari langsung. Hal ini dilakukan untuk menghindari serangan panas dan rasa kebas di kaki yang bisa menngakibatkan cedera. Jika seseorang penderita diabetes mengalami cedera dan luka terbuka, maka akan rentan terkena infeksi dan proses penyembuhannya akan berjalan lama. Sebaiknya juga untuk jamaah haji yang menderita diabetes agar melaksanakan tawaf di malam hari.

"Selama pelaksanaan ibadah haji, jamaah penderita diabetes juga harus memeriksakan kadar gulkosa darah dan urine secara rutin dan saat menjalankan ritual ibadah haji ada baiknya jamaah haji penderita diabetes membawa bekal makanan manis seperti permen, gula atau kurma dan mengkonsumsi air yang banyak secara teratur setiap hari," ungkapnya.

Intinya bahwa untuk menjalankan ibadah ini tidak hanya dibutuhkan modal secara material namun juga stamina dan kondisi fisik yang prima dari para jamaah, itu sebabnya ibadah haji hukumnya wajib hanya bagi mereka yang mampu. Namun begitu mari berserah diri kepada Allah SWT, semoga saat melaksanakan ibadah haji nantinya kesehatan kita  tetap terjaga dan selalu dalam kondisi prima. (sm)

487 DIBACA

301 CJH Kabupaten Asahan Tuntas Vaksin Meningitis dan Influenza

Kakankemenag Asahan : Tingkatkan Kesabaran Saat Menjalankan Ibadah Haji

Kemenag Samosir Gelar Rapat Koordinasi

Gotong Royong Kunci Pembangunan Madrasah

Kakankemenag Dairi Hadiri Pembangunan Mimbar Tilawah MTQN Tingkat Provinsi