Menilai Kebersihan Kelas, Juri Harapkan Hasil Maksimal Sambut Kemerdekaan

Menilai Kebersihan Kelas, Juri Harapkan Hasil Maksimal Sambut Kemerdekaan

Barus (Inhum). Menjelang Proklamasi kemerdekaan RI yang ke 72 ini, segala perlombaan mulai dari dalam sekolah hingga diluar sekolah, diadakan sesemangat mungkin. Seperti salah satu lomba kebersihan antar kelas yang diadakan di MTsN Barus ini merupakan salah satu lomba utama dalam menyambut dan sekaligus memeriahkan kemerdekaan RI di Barus.

Sebagai Juri dalam menilai kebersihan di seluruh kelas yang ada di MTsN Barus, WKM Sarana dan Prasarana Syafriani Simbolon dan KTU Sri Wahyuni Sihotang sudah dua hari mengadakan penilaian di pagi dan sore hari. Dimana hal ini mereka lakukan agar seluruh kelas terlihat rapi dan bersih sepanjang hari karena pagi hari mereka bergiat menata, merapikan ruangan dan tamannya hingga posisinya sama sampai sore hari selesai pembelajaran.

Menurut Sri Wahyuni penilaian ini juga dilakukan di jadwal tersebut sebagai kegiatan yang sifatnya dirahasiakan dari warga kelas agar mereka bisa menilai seobjektif mungkin.

"Kalau kita menilai di jam pembelajaran, nanti semua akan heboh dan mengganggu jam belajar, daripada semuanya nanti tidak efektif apalagi jika dilihat langsung para wali kelas yang berkeinginan kelasnya memperoleh hasil yang paling maksimal diantara yang lain, hal ini kami rasa lebih efektif saat kondisi lapangan benar benar sunyi," ungkapnya.

Syafriani sendiri sebagai wali kelas yang berpengalaman selama ini sebelum dirinya menjadi WKM Sarpras di dalam menata kondisi ruangan kelas dan taman yang sangat hancur keberadaanya hingga menjadi sebuah ruangan dan taman yang indah dan asri, hal ini menurutnya dalam melakukan penilaian adalah sebagai tantangan jiwa dan hati dimana mampu menghindarkan diri dari subjektifitas yang merugikan salah satu pihak. Menurutnya bahwa pengamatan yang sangat teliti akan mendapatkan hasil yang maksimal dan membawa keindahan yang benar terjadi.

Kita tidak mau usaha mereka tidak mendapat keadilan, saya tau persis bagaimana menjadi wali kelas yang harus berpikir dan bertindak menciptakan semuanya, diharapkan lomba ini mendapatkan hasil yang maksimal dalam sambut detik detik kemerdekaan ini, agar bukan jiwa dan hati saja yang terpanggil untuk mengikutinya dengan khidmat nanti, namun juga menunjukkan bahwa MTsN Barus memberikan keindahan mata yang juga mendukung sikap nasoinalisme sebagai bangsa Indonesia yang merdeka. (Hikmah)

245 DIBACA

Babinsa Beri Arahan pada Upacara Senin di MTsN Barus

Kasi Kesiswaan dan Pendis Laksanakan Monitoring di MIN Sidikalang

Guru SKI dan Siswa Study Tour Lokal Ke Tugu Titik Nol Peradaban Islam Nusantara

WKM MAN Sibolga, Berbincang Bersama Ditaman Halaman Utama

Menyambut HUT RI ke 72 MIN Sidikalang Laksanakan Kegiatan Perlombaan