Kanwil Kemenag SU menghadiri Rakorjakwas Kementerian Agama RI

Kanwil Kemenag SU menghadiri Rakorjakwas Kementerian Agama RI

Jakarta (Inmas). Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara . H. Iwan Zulhami , SH, M.AP mengikuti Rapat Koordinasi Kebijakan Pengawasan ( Rakorjakwas)  Kementerian Agama Republik Indonesia  bertempat dihotel Borobudur  Jakarta selama 2 hari dimulai dari tanggal 17 s/d 18 Januari 2020.

Rakorjakwas dihadiri 840 peserta  terdiri dari Kanwil Kemenag se -Indonesia, perwakilan pejabat Unit Eselon I Pusat, PTKN, Kemenag Kabupaten/Kota, Balai Diklat dan Litbang, UPT Asrama Haji dan Jajaran Inspektorat Jenderal.

Kegiatan Rakorjakwas ini dibuka secara resmi oleh Menteri  Agama Republik Indonesia, Jenderal TNI (Purn). Fachrul Razi dengan tema " Kementerian Agama Berintegritas, Indonesia Maju". Jum'at ( 17/01). Turut mendampingi Menag Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi dan Plt Irjen Kemenag Thomas Pentury.

Dalam sambutan Fahrul Razi menegaskan 5 prioritas Aksi Kementerian Agama Tahun 2020 : pertama, pemberantasan korupsi dengan pendekatan tutup semua peluang korupsi, buka akses whistle blower dan penegakan hukum. Kedua, peningkatan kualitas haji dan pembenahan umrah. Caranya, dengan penguatan manasik haji, menjaga kualitas layanan, evaluasi kompherensif dan penguatan pengawasan. Ketiga, pembenahan pendidikan keagamaan lewat pembenahan kurikulum keagamaan, revisi buku ajar untuk penguatan paham moderat dan pengutamaan paham moderat bagi guru, dosen dan tenaga kependidikan. Keempat, deradikalisasi lewat diklat aparatur dan juru dakwah . Kelima, sertifikasi halal dengan akuntabel, tidak memberatkan dan prosedur yang simpel dan jelas." Pelaksanaan Rakorjakwas Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Tahun 2020 dipandang sangat penting untuk dilaksanakan. Pertemuan ini juga dapat dijadikan media curah pendapat dan feet back perbaikan kinerja pengawasan Kementerian Agama dimasa sekarang dan yang akan ". ungkap Menag.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara . H. Iwan Zulhami, SH. M.AP mengatakan bahwa pembahasan dalam rapat ini lebih fokus pada kebijakan pengawasan dilingkungan Kementerian Agama, dengan menitikberatkan  pada persoalan  moderasi beragama di Indonesia. " Dengan Rakorjakwas ini kita berharap adanya peningkatan pengawasan sehingga mewujudkan kinerja aparatur yang berkualitas untuk Indonesia Maju, khususnya dalam ruang lingkup Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, " ungkapnya.

Iwan Zulhami yakin Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara dapat bekerja dengan baik sesuai arahan 5 langkah Kebijakan Menteri Agama Republik Indonesia.

 

372 DIBACA

Tujuh Orang Siswa MAN Sidikalang Mengikuti Sosialisasi

MTsN Aek Natas Adakan Perlombaan Menyambut HUT RI ke 72

Pematangan Petugas Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke 72

316 Calhaj Padangsidimpuan Tunaikan Ibadah Haji

Memastikan Semua Perangkat Upacara Layak Pakai