Gelar Rapat, Kepala KUA Pegagan Hilir : Penyuluh Amanah Umat Mendapat Berkah

Gelar Rapat, Kepala KUA Pegagan Hilir : Penyuluh Amanah Umat Mendapat Berkah

Sidikalang (Humas). Kantor Urusan Agama Kecamatan Pegagan Hilir adakan rapat kordinasi bulanan dilaksanakan pada hari Rabu (01/07) bertempat di Aula Kantor Urusan Agama Kecamatan Pegagan Hilir, yang diikuti oleh unsur kepala, penyuluh pns, penyuluh agama non pns dan pramubhakti. Diantara tujuan rapat kordinasi adalah untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja yang telah digariskan dalam garis tugas dan fungsi untuk mencapai hasil yang baik serta bermusyawarah untuk memberi jalan soluktif terhadap permasalahan-permasalahan keumatan yang terjadi. Disamping itu juga sebagai wadah silaturahmi untuk mendekatkan hubungan emosional.

Dalam arahan dan bimbingannya, H. Muhammad Sanif, S.HI, M.Ag selaku Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Pegagan Hilir menitikberatkan tiga hal kepada penyuluh yakni pertama, Laksanakan Amanah sebaik-baiknya; kedua, Ikhlas, sabar dan yang ketiga, tertib administrasi.

"Tiga pondasi inilah sebagai dasar kebersuksesan seorang penyuluh dalam melaksanakan tugasnya terlebih-lebih bagi para penyuluh-penyuluh yang baru pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Pegagan Hilir, dan agar tidak merasa enggan untuk belajar kepada rekan-rekan penyuluh lama yang sudah mempunyai pengalaman, " penyuluh gama Islam non PNS Amanah Umat Mendapat Barokah”, “papar Muhammad Sanif dalam arahan dan bimbingannya.

"Tugas Penyuluh Agama Islam mampu menjalankan tugas sebagai lentera dan pelita kepada umat, mendampingi orang dan mampu membimbing umat dengan kata-kata dan tingkah laku, serta membuat terobosan dalam metode pembinaan umat agar masyarakat berempati,” Apalagi masa pandemi covid-19 ini, strategi untuk memotivasi umat dengan tetap memperhatikan protokoler kesehatan harus sejalan beriringan”, tutup Muhammad Sanif dalam arahan dan bimbingannya.

Muhammad Sanif mengapresiasi seluruh penyuluh yang telah terus menerus tanpa lelah menjalankan tugas dan fungsi tugasnya di wilayah binaan masing-masing”, “ Begitu juga bagi yang telah menginisiasi acara pembentukan dan pelantikan pengurus BKM dan majelis taklim di wilayah binaannya dan dalam waktu dekat ini akan diadakan pelantikan pengurus BKM dan majelis taklim lebih lanjut,” penyuluh wajib hadir menginisiasi itu semua”, tambahnya.

Pada kesempatan ini, turut juga memberi arahan dan bimbingan Nurlena Bintang, S.Ag selaku penyuluh pns fungsional. Nurlena Bintang menitikberatkan agar kiranya penyuluh tetap bekerja dengan sebaik-baiknya, membuat inovasi untuk meningkatan pembinaan umat diwilayah kerja masing-masing dan membuat evaluasi sesuai binaan masing-masing untuk menjadi bahan kajian dalam pemgembangan peningkatan kepenyuluhan”, “baik dalam pembinaan pengentasan buka aksara Alquran, begitu juga pembinaan majelis taklim”, tuturnya. (lm/ms)

126 DIBACA

Kasi Bimas Buddha Sibolga Hadiri Kegiatan Doa Bersama

Tim Paduan Suara MAN 1 Tanjung Pura Tampil Memuaskan pada Upacara HUT Kemerdekaan RI

Bertarung Bersama Para Guru, Salut dan Bangga Untuk Gustina Juita

Siswa MAN 1 Tanjung Pura Tampil Sebagai PASKIBRA HUT RI ke 72

Siswa MAN Peanornor Sukses Jalankan Tugas Sebagai Paskibra