Penyuluh PAI Ajak Pemuda Makmurkan Mesjid

Penyuluh PAI Ajak Pemuda Makmurkan Mesjid

Nias Selatan (Humas). Salah satu ciri orang Islam yang baik adalah selalu berusaha memakmurkan mesjid yang ada di sekitarnya.  Hal itu disebabkan karena mesjid adalah tempat yang dianggap penting dalam Agama Islam.  Mesjid tidak hanya digunakan sekedar untuk ibadah saja, namun juga berbagai fungsi lainnya seperti pusat dakwah, pusat pendidikan, sumber penyebaran informasi terpercaya, peningkatan kualitas sumber daya manusia, pusat pengaturan masyarakat, pusat arbitrase penyelesaian perselisihan, pusat konseling, dan lain sebagainya.

Hal demikian sudah dilakukan oleh remaja-remaja Mesjid Jami’ Al Ihsan  yang terletak di Kelurahan Pasar Pulau Tello Kecamatan Pulau-Pulau Batu Kabupaten Nias Selatan yang rutin ikut mendampingi salah seorang  Penyuluh Agama Islam (PAI) Non PNS Kementerian Agama Kabupaten Nias Selatan mengajarkan membaca dan menulis Alquran kepada anak-anak dalam kegiatan “Magrib Mengaji” (12/8)

Walaupun kegiatan remaja mesjid di daerah tersebut masih minim karena baru beberapa bulan dibentuk kembali, akan tetapi sangat bagus untuk remaja-remaja yang memang sangat rentan terhadap godaan.

“Alhamdulillah sekarang setiap magrib di Mesjid Jami’ Al Ihsan sudah mulai ramai dan makmur dengan anak-anak serta remaja mesjid yang mendampinginya, walaupun masih banyak remaja-remaja yang belum bisa bergabung dengan berbagai alasan dan kondisi, tapi tidak menyurutkan minat kami untuk melibatkan mereka dalam membimbing anak-anak mengaji”. Tutur Mizani Akmal selaku Koordinator penyuluh PAI Non PNS Kelurahan Pasar.

“Kegiatan yang kita lakukan untuk memakmurkan mesjid tersebut diantaranya ialah, Didikan Ahad Subuh, Magrib Mengaji setiap senin sampai jum’at, Mengaji Bersama setiap sabtu malam dan Pengajian Umum setiap malam senin, , kegiatan inilah yang sudah kami terapkan kepada remaja Mesjid Jami’ Al Ihsan  untuk memakmurkan mesjid”. Terang Mizani Akmal.

Mizani Akmal juga menambahkan kemungkinan dari kegiatan tersebut akan ditambah lagi ketika ada hari-hari besar Islam seperti yang sudah dilakukan pada hari ini yaitu mengadakan kegiatan lomba dalam rangka menyambut hari besar Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriyah yang digagas oleh Penyuluh dan bekerja sama dengan Remaja Mesjid.

“Insya Allah kegiatan tersebut akan kita tambah lagi dan kami sebagai penyuluh akan terus bersinergi bersama para remaja mesjid, bukan hanya di Mesjid Kelurahan Pasar saja tetapi di mesjid-mesjid lain khususnya yang ada didaratan Pulau Tello, seperti bersih-bersih mesjid, pengajian keliling, dan pelatihan wirausaha”, tutup Mizani Akmal.

93 DIBACA

Kepala MAN Binjai Hadiri Jamuan Tamu Walikota Binjai

Kurniawan Gantikan Gerry Sebagai Danton Paskibra Kota Binjai

Paskibra Kota Binjai Sukses Kibarkan Bendera Merah Putih

MIN Kisaran Juara III Sekolah Terbersih

Khutbah Sholat Jumat : 7K