Kasi Bimas Islam dan Kepala KUA Dampingi Tim Verifikasi Masjid Dari Kemenag Pusat

Kasi Bimas Islam dan Kepala KUA Dampingi Tim Verifikasi Masjid Dari Kemenag Pusat

Sidikalang (Humas). Jalan berliku dan berkelok, lembah dan gunung disusur serta senja meremah memasuki mathlaqnya menutup siang menjelang maghrib dilalui Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Pegagan Hilir H. Muhammad Sanif, S.HI, M.Ag dan Kasi Bimas Islam Kementerian Agama Kabupaten Dairi Lindung Kaloko, S.Ag dalam mendampingi rombongan tim verifikator masjid Subdit Kemasjidan Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI Pusat Ibu Erlinda Adami, MA dan Kasi Kemasjidan Kanwil Kemenag Propinsi Sumatera Utara dan staf Bapak Drs. Hairul Amru Siregar, MA dan Afriandi, S.Ag untuk datang mengunjungi sebuah perkampungan kaum muslimin yang berada digugusan Bukit Barisan di wilayah kecamatan Pegagan Hilir kabupaten Dairi yaitu dusun Kuta Raja desa Bukit Tinggi pada Kamis Sore (13/08).

Tujuan kunjungan ini adalah dalam rangka memverifikasi kelayakan mesjid Al-Huda yang ada di dusun Kuta Raja desa Bukit Tinggi untuk mendapatkan bantuan dana masjid dari Kementerian RI Pusat.

“Kami datang kemari tak lain tak bukan karena perintah institusi dalam rangka memverifikasi kelayakan mesjid Al-Huda untuk mendapatkan bantuan dana mesjid dari Kemenag RI. Karena mesjid ini masuk nomimasi 5 (lima) mesjid di wilayah Sumatera Utara yang akan mendapatkan bantuan dari Kemenag RI," tutur Erlinda.

“Saya sangat terkesan dan terharu sekali, untuk datang kesini membutuhkan perjuangan yang ekstra melewati lembah dan bukit, jalan berkelok dan berliku dengan petunjuk jalan pak KUA Pegagan Hilir. Tak pernah terbayangkan dalam benak pikir saya, serta disambut pula oleh masyarakat muslim disini dengan suasana kampung yang alami dan keagamaan yang religius walaupun didaerah minoritas dan menikmati suguhan jamuan makanan ciri khas suku Pak-pak yaitu Pelleng Sicina Mbara," tambahnya.

Disela-sela kunjungan dan ramah tamah, Kasi Kemasjidan Kanwil Kemenag Propinsi Sumatera Utara Drs. Hairul Amru Siregar, MA menyampaikan wejangan kepada pengurus BKM dan harapannya kepada tim verifikator masjid Subdit Kemasjidan Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI Pusat. “Kami berharap kepada pengurus nantinya ketika bantuan ini turun, gunakan dengan sebaik-baiknya dan ikuti aturan administrasi yang sesuai ketentuan dalam membuat LPJ dan kepada ibuk kiranya sampaikanlah pesan kami kepada pak dirjen, agar memprioritaskan daerah minoritas dalam penyaluran bantuan masjid kedepannya”, himbau dan harap Hairul Amru Siregar.

Bak gayung bersambut, Kasi Bimas Islam Kementerian Agama Kabupaten Dairi Lindung Kaloko, S.Ag menyampaikan harapannya kepada tim verifikator. “Kami berharap dengan datangnya ibuk ke kabupatean Dairi yang merupakan daerah minoritas yang terdiri dari 15 kecamatan tersebar di gugusan Bukit Barisan akan menjadi kunci pembuka pintu untuk melihat realitas kehidupan beragama di daerah minoritas, sehingga kedepannya perhatian pemerintah pusat khususnya Kementerian RI betul-betul tercurah fokus”, tutur Lindung Kaloko.

Tak ayal, Ketua BKM Al-Huda Kuta Raja Ali Imran Manik menyampaikan sepatah kata sebagai ungkapan terima kasih. “Kami jamaah Kuta Raja sangat sangat bersyukur kepada Allah SWT dan berterima kasih kepada rombongan tim verifikator masjid Kemenag RI Pusat kekampung kami untuk melihat kami dan memberikan bantuan kepada masjid kami ini dan harapannya mudah-mudahan cepat teralisasi”, ucap Ali Imran Manik.

H. Muhammad Sanif, S.HI, M.Ag selaku Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Pegagan Hilir berkesempatan memberikan sepatah kata dan harapannya. “Kami mengaturkan terima kasih kepada rombongan tim verifikator yang jauh-jauh dari Jakarta datang untuk melakukan verifikasi masjid di kecamatan kami, “Ini merupakan penghormatan kepada kami dan masyarakat muslim kecamatan Pegagan Hilir dan dengan perhatian khusus kepada daerah-daerah mudah-mudah menjadi jalan menuju kebarokahan”, "sampaikan salam kami dari masyarakat muslim di daerah minoritas", tambah Muhammad Sanif. (lm/ms)

177 DIBACA

Kepala MAN Binjai Hadiri Jamuan Tamu Walikota Binjai

Kurniawan Gantikan Gerry Sebagai Danton Paskibra Kota Binjai

Paskibra Kota Binjai Sukses Kibarkan Bendera Merah Putih

MIN Kisaran Juara III Sekolah Terbersih

Khutbah Sholat Jumat : 7K