Kabid Penaiszawa Kanwil Kemenagsu Jadi Nara Sumber Di Pembinaan Penyuluh Agama Islam

Kabid Penaiszawa Kanwil Kemenagsu Jadi Nara Sumber Di Pembinaan Penyuluh Agama Islam

Lubuk Pakam (Humas). Kepala Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat Wakaf Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Abdul Manan, MA menghadiri Pelaksanaan Pembinaan Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS sebagai Nara Sumber di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Deli Serdang, Selasa (22/9).
Kabid Penaiszawa menyampaikan urgensi penyuluh agama di masyarakat khususnya di Kabupaten Deli Serdang. Kabid Penaiszawa ingin kompetensi para penyuluh agama terus meningkat setiap waktu agar apa yang disampaikan bisa dengan mudah diterima masyarakat.
“Kompetensi yang harus dimiliki masing-masing penyuluh untuk mengadakan penyuluhan di masyarakat yakni motivasi tinggi, lalu subtansi materi yang akan disampaikan mesti dikuasai dengan komprehensif agar masyarakat percaya kemudian dapat menghayati ajaran agama yang telah penyluh sampaikan,” kata Kabid Penaiszawa.
Kabid Penaiszawa juga menyampaikan kepada para penyuluh untuk menguasai metodologi atau cara menyuluh seperti komunikasi, kalimat yang disampaikan, dan media apa yang digunakan sesuai dengan kondisi yang diinginkan masyarakat. selain itu, kompetensi administratif juga jangan dilupakan.
“Jangan lupa para penyuluh juga punya tugas untuk membuat laporan dan bukti-bukti administrasi lainnya yang dapat dipertanggungjawabkan untuk keperluan kelembagaan. Maka dari itu, para penyuluh harus menguasai bentuk laporan yang benar dan penyampaian laporan yang valid,” katanya.
Kabid Penaiszawa juga mengingatkan kepada para penyuluh untuk terus melakukan koordinasi. Dan yang paling penting untuk terus mengupgrade kemampuannya secara personal.
Turut hadir juga Kepala Seksi Penyuluhan Agama Islam dan Sistem Informasi Hj. Erni Sukmawati Harahap yang juga menjadi Nara sumber dalam pelaksanaan tersebut.

153 DIBACA

MTsN Aek Natas Berikan Hadiah Bagi Pemenang Lomba Olahraga HUT RI ke 72

Siswa-Siswi MTsN Siantar Semangat Ikuti Senam Pagi

MIN Maha Bunga Terima Hadiah Lomba Tingkat Kecamatan

Kepala MIN Sidikalang Berikan Reward Kepada Peserta Drumband dan Tim Tari

MTsN Besitang Laksanakan Lomba Peringatan Kemerdekaan RI