Identifikasi Keanekaragaman Hayati oleh Siswa MAN Kisaran

Identifikasi Keanekaragaman Hayati oleh Siswa MAN Kisaran Siswa MAN Kisaran Praktek Identifikasi Tumbuhan didampingi guru bidang studi

Kisaran (Inhum). Kamis 7 September 2017, kelas X IPS 2 mempelajari keanekaragaman hayati pada mata pelajaran Biologi.

Dilansir langsung dari guru bidang studi biologi Iwan Setiawan, memberikan uraian tentang bab pelajaran biologi yang diampuhnya di kelas X IPS 2.

“Iya hari ini kami akan mempelajari bab keanekaragaman hayati terutama tumbuhan”, jelas Iwan.

Dia juga mengatakan bahwa untuk mempelajari tumbuh- tumbuhan ia membuat kelompok dari masing- masing kelompok diwajibkan untuk membawa 14 sampel daun- daun yang berbeda jenis.

“Ada 14 jenis yang akan diuraikan atau dikelompokkan berdasarakan kesamaan jenis yang dapat dibedakan melalui tabel pengamatan”, lanjut Iwan.

Ada beberapa contoh daun dari 14 jenis daun untuk diamati atau diidentifikasi yang wajib dibawa oleh siswa yakni daun jati, daun seledri, rumput teki, daun petai cina, daun saga dan daun kumbang sepatu.

Pada mata pelajaran lintas minat biologi ini ada tiga les, les pertama siswa diberikan teori yang terdiri dari mengkaji serta pengarahan. Dan di les ke dua praktik dan laporan.

Iwan juga menjelaskan bahwa permasalahan yang sering dihadapi oleh siswa pada saat mengidentifikasi keanekaragaman hayati ini adalah siswa tidak dapat membedakan antara keakenaragaman gen dan jenis. Jenis yang paling sering sulit di identifikasi adalah rumput teki, siswa sulit membedakan mana anak tulang dengan induk tulang dikarekanan daun yang kecil. Dan selanjutnya adalah daun seledri.

“Tips yang dapat saya berikan adalah ya dengan memberikan contoh langsung kepada objek yang dapat di cermati oleh siswa”, jelas Iwan ketika ditanya mengenai tips untuk mengatasi permasalahan yang sering dihadapi oleh kebanyakan siswa.

Dengan model pembelajaran yang memperbanyak peraktek diharap mampu mengidentifikasi tumbuhan serta dapat melestarikan tumbuh-tumbuhan sekitar terutama tumbuhan yang hampir punah. (FR)

185 DIBACA

Panitia Kurban MAN Lima Puluh Sampaikan LPJ

Pengawas Kemenag Langkat Kunjungi MTsN Tanjung Pura

Kepala MAN Binjai Lantik 53 Pengurus OSIS Maba 2017-2018

Kunjungan Kerja Kabid Urais dan Binsyar ke Kankemenag Tapsel

104 Jamaah Haji Madina Kloter 14/MES Sempurnakan Thawaf dan Sa’i