Jumat,2017-09-22,14:59:23

Kemeriahan Satu Muharam 1439 H MAN Barus

Kemeriahan Satu Muharam 1439 H MAN Barus

Barus (Inhum). Dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1439 H, siswa/i dan keikutsertaan para guru Madrasah Aliyah Negeri Barus melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan diikuti perkemahan pramuka yang diadakan di lokasi MAN Barus, Kamis, 21 September 2017.

Adapun rangkaian kegiatan keagamaan diawali dengan kegiatan pawai mengelilingi kota Barus, Elmaryanti selaku kepala madrasah didampingi pengawas Firdaus dari Kemenag Tapteng, KUA Barus dan WKM Kesiswaan Muhammad Lufti Simbaton membuka kegiatan pawai tersebut. Para siswa memakai pakaian muslimah untuk siswa perempuan, laki-laki menyesuaikan dengan memakai peci hitam dan baju putih, dan beberapa siswa juga ada yang mengenakan pakaian adat pesisir barus yaitu sanggul gadang seperti marapulei (pengantin).

Alwi dari kelas XII IPA 1 dan Chairunnisa dari kelas X IPS 2 adalah salah satu dari tiga pasang pengantin yang dihunjuk oleh salah seorang guru untuk mengenakan pakaian adat dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan pawai tersebut. Marching Band MAN Barus juga tidak mau ketinggalan dan membentuk barisan paling depan, diikuti oleh nasyid MAN Barus dengan semangat mengalunkan ketukan musik yang menggugah semangat para siswa yang ikut pawai sambil tersenyum dan melambaikan tangan di sepanjang jalan menuju lapangan merdeka barus kemudian kembali lagi ke lokasi MAN Barus.

Setelah para rombongan pawai sampai di lokasi MAN Barus dan istirahat sejenak, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan lomba syarhil qur’an oleh perwakilan masing-masing siswa. Adapun tema kali ini adalah menceritakan kisah para nabi dan rasul dengan bimbingan wali kelas dan guru agama. Rodiyah Hastuti selaku juri syarhil qur’an mengatakan bahwa lomba kali ini mengambil tema tentang kisah para nabi dan rasul bertujuan agar kita semua khususnya para siswa MAN Barus dapat meneladani sekaligus belajar dari kisah para nabi dan rasul yang tidak mudah dan mengalami berbagai rintangan demi menegakkan ajaran agama islam seperti yang kita rasakan sekarang ini.

Elmaryanti Marbun selaku kepala Madrasah saat ditemui inhum menjelaskan bahwa tidak hanya ini saja, MAN Barus akan membuat sebuah gebrakan dan inovasi baru pada setiap kesempatan demi terwujudnya siswa yang berkarakter dan berkemajuan kearah yang di cita-citakan oleh bangsa dan negara yaitu berjiwa pancasila dan berakhlak mulia sesuai dengan apa yang diharapkan para guru dan orangtua khususnya.

Dia juga menambakan bahwa nanti sore dilanjutkan dengan malam akan diadakan perkemahan anggota pramuka MAN Barus dilokasi madrasah. (Insy)

67 DIBACA
Jumat,2017-09-22,14:31:26

Kepala MAN Binjai Serahkan Bantuan Rohingya Melalui Relawan ACT

Jumat,2017-09-22,14:15:34

Peran TP PKK Adalah Pembinaan Keluarga

Jumat,2017-09-22,14:06:23

Relawan ACT Sumut Sampaikan Kondisi Terkini Etnis Rohingya

Jumat,2017-09-22,13:37:39

ASN Harus Menghargai Waktu dan Kesempatan

Jumat,2017-09-22,13:33:19

Momen Muharram MAN Binjai Santuni Anak Yatim


0 Komentar :