Selasa,2017-10-10,09:56:39

Bersama Wujudkan Produk Halal

Bersama Wujudkan Produk Halal

Eksistensi produk halal dalam kehidupan ibarat  negara tanpa pemerintahan. Begitulah pentingnya sampai pemerintah menaruh perhatian yang besar dengan menggaungkan logo halal LPPOM MUI sebagai produk negara. Kondisi tersebut merupakan hikmah kehidupan terbesar bagi masyarakat Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia.

Masyarakat Indonesia yang dikenal religius dan harmonis seolah mendapat angin segar dalam mewujudkan pengamalan nilai-nilai pancasila dalam bentuk pentingnya produk halal. Hal ini dapat menjadi barometer ketaatan masyarakat dalam memahami sekaligus dapat melakukan action terhadap produk halal dan memahami konsekuensi yang ditimbulkan. Tidak sampai disitu saja, masyarakat perlu diberi edukasi yang cerdas tentang konsumsi produk halal dan thoyyib, karena sangat berpengaruh besar terhadap produktifitas dan mobilitas agamanya. 

Bukan sampai disitu saja produk halal dapat mempengaruhi kepribadian seseorang sesuai dengan hadis Nabi SAW “Barangsiapa yang hidup dari makanan yang serba halal, maka bersinarlah agamanya, lemah lembut hatinya dan tiada dinding penghalang bagi doa-doanya. Barangsiapa yang makan makanan yang syubhat, samarlah agamanya dan gelaplah hatinya. Barangsiapa memakan barang yang haram, hatinya menjadi mati, agamanya lemah, keyakinan kurang dan Allah menutup pintu doa dan ibadahnya sangat sedikit.“  Yang pasti kita akan mudah untuk beribadah, bermuamalah serta beraktifitas.  Jika melanggar yang pasti hati akan mati, agama semakin lemah, zakat kian sulit, dan nafsu kian beradu.

Kita harus memasukkan produk halal dalam diri kita. Sampai seorang pribadi dapat merasa senang jika mengonsumsi produk halal dan merasa resah dan gelisah jika mengonsumsi produk haram. Sesuai dengan prinsip hidup “Halal is My Life”.  Segala aktifitas kehidupan kita adalah halal, baik yang berhubungan dengan pangan, sandang,  obat-obatan,  kosmetika  yang saat ini semakin menjamur dan mudah untuk didapatkan. Hitungan waktu dalam detik dan menit seharusnya menjadi acuan yang tidak diabaikan dalam mencari “nikmat halal” kehidupan dalam bingkai kebersamaan.

Produk halal  sangat berperan besar terhadap kelangsungan hidup pribadi, masyarakat, bahkan negara. Efek ini dapat menjadi  sebuah kekuatan maha dahsyat yang akan memelihara diri kita jika senantiasa mengonsumsi produk halal. Sebaliknya jika yang kita konsumsi bukan produk halal, kita harus siap menerima konsekuensinya.  Sahabatku, mari kita bersama-sama menegakkan prinsip “Halal is My Life”. Biarpun laut semakin surut, raut kian akut, maut tinggal di ujung rambut, kita tidak boleh takut apalagi surut menegakkan prinsip tersebut. Bangun kekuatan dalam kebersamaan.  Rajut ukhuwah demi tinggikan marwah.

Ingat! Kita bisa membeli makanan enak tapi tidak dengan nikmatnya makan.  Kita bisa membeli tempat tidur yang mewah tapi tidak dengan nikmatnya tidur.  Kita bisa membeli obat tapi tidak dengan nikmatnya sehat.                                                                         

Oleh karena itu, kita harus senantiasa berdoa kepada Allah agar dijauhkan dari  segala larangannya. Diberikan petunjuk dan kesabaran untuk menjalani segala perintahnya. Selain itu, kita juga harus senantiasa bersyukur kepada Allah terhadap segala nikmat yang telah diberikanNya.  Buang sifat angkuh dan sombong yang menjadi penyebab kehancuran. Apa yang  kita miliki saat ini datang dari Allah SWT dan akan kembali kepadaNya. Mari tengadahkan tangan kepada sang pencipta alam raya, Yang membolak-balikkan hati  manusia. Ya Rabb, teguhkanlah hati kami untuk menegakkan prinsip “Halal is My Life” dalam agamaMu yang suci penyejuk hati.

 

Karya : Rahmad Hadi Simanullang

Siswa MAN 2 Model Kota Padangsidimpuan

 

224 DIBACA
Selasa,2017-10-10,08:57:21

Pemanggilan Peserta Bimtek Falakiyah Kemenag RI Tahun 2017

Selasa,2017-10-10,08:29:12

MAN Lima Puluh Terima Piagam Kemanusiaan Dari ACT

Selasa,2017-10-10,07:38:18

Berbagi Ilmu Kaligrafi, Mengharap Ridho Ilahi

Selasa,2017-10-10,07:19:04

Rektor UINSU Canangkan Program 5S kepada Siswa MAN 1 Medan

Senin,2017-10-09,22:13:11

Kami Punya Kader Hebat dan Berkemauan Kuat


0 Komentar :