Rabu,2017-10-18,23:14:58

BKM Masjid Harus Mengerti Tugas dan Fungsinya

BKM Masjid Harus Mengerti Tugas dan Fungsinya Kakankemenag Asahan Hayatsyah saat menyampaikan materinya kepada 42 orang peserta kegiatan.

Kisaran ( Inhum ). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asahan Hayatsyah memberikan materi tentang kemasjidan kepada 42 orang BKM Masjid dari 4 Kecamatan yang ada di Kabupaten Asahan yaitu Kecamatan Air Batu, Kecamatan Teluk Dalam, Kecamatan Aek Songsongan dan Kecamatan Sei Kepayang Barat di Aula Kantor MUI Kabupaten Asahan, Rabu 17 Oktober 2017.

Hayatsyah menyampaikan bahwa Masjid yang ada di Kabupaten Asahan ada yang sudah dimanfaatkan dengan baik dan terarah tetapi secara jujur harus diakui masih ada yang pemanfaatannya belum optimal, oleh karena itu diupayakan berbagai usaha untuk memakmurkannya disamping memfungsikannya semaksimal mungkin secara terus menerus karena itu merupakan tanggung jawab umat Islam. Masjid dituntut untuk dikelola secara profesionalitas yang dalam konteks kehidupan masyarakat berperan sangat penting, diperlukan kemampuan manajerial dan kesiapan waktu dari para pengelola masjid agar kemakmuran masjid dapat tercapai.

"BKM ( Badan Kesejahteraan Masjid ) merupakan badan atau lembaga resmi yang dibentuk oleh Kementerian Agama untuk meningkatkan peranan dan fungsi masjid sebagai tempat ibadah dan sarana pembinaan umat Islam, yaitu organisasi yang bertujuan untuk mengorganisir kegiatan ibadah dan meningkatkan kesejahteraan masjid serta tempat ibadah umat Islam atas dasar takwa melalui peningkatan manajemen, kemakmuran, dan pemeliharaan sesuai dengan Peraturan Menteri Agama RI nomor 54 tahun 2006," imbuhnya.

Dikatakannya bahwa sangat mengharapkan BKM masjid agar benar-benar mengerti akan tugas dan fungsinya, sehingga masjid terlihat makmur dengan tetap melaksanakan shalat fardhu berjamaah dan menjadikan tempat musyawarah umat Islam, juga sangat penting untuk mengingatkan selalu kepada marbot masjid agar  tetap menomorsatukan kebersihan masjid terutama kamar mandi, sehingga  orang-orang yang berada di masjid untuk melaksanakan ibadah shalat fardhu dan musafir yang hendak shalat di masjid tersebut akan berasa nyaman dan tenang tatkala dilihatnya kamar mandi yang bersih, masjid yang indah dengan tataan yang rapi dan bersih.

“ Bila belum ada sertifikat wakaf masjid maka silahkaan diurus oleh BKM masjid, gunanya bila mana adanya bantuan baik dari Pemkab maupun Pemprovsu maka sertifikatlah salah satu persyaratannya, untuk itu Kementerian Agama Kabupaten Asahan siap dengan tangan terbuka membantu proses pensertifikatan tanah wakaf yang telah mengadakan MOU bersama dengan Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Asahan ," tegasnya.

Akhirnya Hayatsyah mengingatkan kembali bahwa sebagai umat Islam khususnya BKM masjid mari bersama kita peduli dengan keberadaan masjid yang ada di daerah kita. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan memakmurkan masjid tersebut . Mari selalu shalat berjamaah di masjid, bawa serta anak-anak untuk selalu shalat berjamaah.  Berikan marbot masjid perhatian sehingga ia akan selalu membersihkan masjid dengan baik. (sm)

73 DIBACA
Rabu,2017-10-18,22:22:12

WKM Sarpras MTsN Barus Sosialisasikan Revolusi Mental

Rabu,2017-10-18,22:20:38

WKM Sarpras MTsN Barus Laporkan Hasil RRCK

Rabu,2017-10-18,21:24:45

Pemeliharaan Tanaman Harus Rutin dan Berkelanjutan

Rabu,2017-10-18,20:56:51

Hidup Itu Gerakan Nyata, Jangan Hanya Pandai Berkata

Rabu,2017-10-18,20:45:05

Wagubsu Lantik Panitia MTQ Tingkat Provinsi


0 Komentar :