Jumat,2017-10-20,07:48:43

Kemenag Madina Launching Panduan Tekhnis Bimbingan Pra Nikah

Kemenag Madina Launching Panduan Tekhnis Bimbingan Pra Nikah Kasubbag TU Irfansyah Nasution, Kasi Bimas Islam, Kasi/Peny. Ka, KUA serta Penyuluh Agama Islam photo bersama selesai acara Lounching Bimbingan Pra Nikah

Panyabungan (Inhum). Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mandailing Natal Lounching Panduan Tekhnis Bimbingan Pra Nikah di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mandailing Natal, Kamis 19 Oktober 2017, yang dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mandailing Natal yang dihadiri Kepala Sub Bagian Tata Usaha Irfansyah Nasution, Kasi dan Penyelenggara, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan serta Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS Sekab. Mandailing Natal.

Kepaal Sub Bagian Tata Usaha Irfansyah Nasution pada saat acara Lounching Panduan Tekhnis Bimbingan Pra Nikah tersebut menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kasi Bimas Islam Ahmad Zainul Khobir atas terselesainya buku Panduan Tekhnis Bimbingan Pra Nikah di Kabupaten Mandailing Natal ini, dan berharap buku panduan ini tidak hanya sebagai pajangan dan hiasan dalam rak atau lemari, tapi kita berharap buku panduan ini sebagai rujukan dan pedoman bagi Kepala KUA Kecamatan dan Penghulu dalam pelaksanaan bimbingan pra nikah kepada para calon pengantin.

Kementerian Agama dalam hal ini KUA Kecamatan dan Penghulu sebelum melaksanakan aqad nikah dan pencatatan pernikahan berkewajiban untuk melaksanakan bimbingan pra nikah kepada calon pasangan pengantin berupa pengetahuan tentang pernikahan bagi calon pengantin cara mewujudkan keluarga bahagia, sehat dan berkualitas yang didasari dengan keimanan dan keislaman, yang mengetahui hak dan kewajibannya sebagai suami isteri, ujarnya.

Pelaksanaan Program Bimbingan Pra Nikah ini, diharapkan ketahanan keluarga menuju keluarga sakinah dapat terwujud, dan para catin memiliki kemampuan dan untuk menghadapi serta menyelesaikan masalah dan konflik keluarga yang mereka alami dan tetap menjaga keutuhan rumah tangga dan berharap angka perceraian dan perselisihan rumah tangga dapat diminalisir serta ditekan di Kabupaten Mandailing Natal ini, lanjut Irfansyah Nasution.

Sementara itu Kasi Bimas Islam Ahmad Zainul Khobir dalam kesempatan ini menyampaiakan bahwa pelaksanaan Lounching Panduan Tekhnis Bimbingan Pra Nikah ini merupakan Proyek Perubahan Diklat PIM IV yang diikutinya di Balai Diklat Keagamaan Medan, buku panduan ini telah disosialisasikan kepada Kepala Kantor Kemneterian Agama Kabupaten Mandailing Natal selaku Mentor dan juga Tim Agen Proyek Perubahan Kantor Kemnterian Agama Kabupaten Mandailing Natal.

Khobir juga menambahkan bahwa buku panduan ini merupakan tindaklanjut dari Keputusan Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Nomor : 373 Tahun 2017 tentang Petunjuk Tekhnis Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin, dan telah disosialisasikan kepada seluruh Kepala KUA Kecamatan dan Penghulu serta Penyuluh Agama Islam Sekabupaten Mandailing Natal dan DP MUI Mandailing Natal, untuk menyamakan persepsi serta menyempurnakan buku Tekhnis Bimbingan Pra Nikah sebagai rujukan, pegangan dan pedoman dalam pelaksanaan bimbingan perkawinan bagi calon pengantin.

Program Bimbingan Perkawinan merupakan wujud kesungguhan dan keseriusan dari Pemerintah khususnya Kementerian Agama dalam mewujudkan keharmonisan dalam berumah tangga menuju keluarga sakinah, mawaddah, wa rahmah dapat terwujud, ujar Khobir.  (ARH)

129 DIBACA
Jumat,2017-10-20,06:23:22

Tupoksi Penyuluh Agama Meningkatkan Pemahaman dan Pengamalan Agama Masyarakat

Kamis,2017-10-19,22:56:19

Pelantikan OSIM Baru MTsN Barus

Kamis,2017-10-19,22:21:58

Kakankemenag Sergai Kunjungi KUA Bintang Bayu

Kamis,2017-10-19,20:47:28

Pertarungan Sesungguhnya Akan Segera Tiba

Kamis,2017-10-19,20:33:16

Berteman dengan yang Baik, Maka Akan Menjadi Lebih Baik


0 Komentar :