Dokter Kecil MIN Sei Dua Hulu Layaknya Dokter Beneran

Dokter Kecil MIN Sei Dua Hulu Layaknya Dokter Beneran Dokter kecil MIN Sei Dua Hulu saat memeriksa kuku teman-temannya

Kisaran (Inhum). Sebanyak 30 siswa dokter kecil MIN Sei Dua Hulu melakukan tugas khusus mengawasi teman-temannya yang lain dengan melakukan pemeriksaan kuku dari kelas 1 sampai dengan kelas 6,  Kamis 16 November 2017. 

Dokter kecil ini juga punya kostum khusus, kemeja tangan panjang putih-putih persis seperti pakaian para dokter saat memeriksa pasien di rumah sakit. Selain itu para dokter kecil itu harus membantu guru Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) seperti menimbang berat badan dan tinggi badan. Dokter kecil dipilih melalui serangkaian kompetisi yakni mengikuti pelatihan kesehatan dari puskesmas.

Kepala Madrasah MIN Sei Dua Hulu Sartiji,S.Pd.I menuturkan dokter-dokter kecil itu adalah para punggawa kesehatan madrasah. Ada sekitar 30 siswa yang didaulat menjadi dokter kecil di madrasah. “Dokter kecil diambil dari mulai kelas 3 sampai kelas 6. Untuk satu kelas ada 4 dokter kecil,” ungkapnya.

Fitri Wulandari,S.Pd.I selaku pembimbing dokter kecil mengatakan bahwa dokter-dokteran biasanya jadi permainan menyenangkan untuk anak-anak usia sekolah. Menjadi dokter selalu jadi dambaan dan cita-cita mereka, profesi dokter dianggap istimewa karena bisa membantu sesama dan menyembuhkan orang-orang yang sedang sakit. MIN Sei Dua Hulu coba merealisasikan cita-cita itu dengan membentuk dokter-dokter kecil di madrasah.

Salah satu peserta dokter Kecil dan juga siswa kelas 6 yang bernama Mahmuda sedang asik memeriksa kuku temannya yang duduk dibangku kelas 2 sambil mengatakan dengan logat melayu Tanjung Balainya. "Demi kebersihan dan kenyamanan kito di madrasah ni sabolum memulai belajar saya akan periksa kuku kalian. Pemeriksaan ini sengajo dibuat supayo kamu menjadi lobih disiplin dan terlihat borsih dan jika kuku kamu panjang maka akan saya potong ," ungkapnya.

Walaupun pemeriksaan kebersihan kuku ini dilakukan selama satu minggu sekali. Namun masih banyak juga kedapatan siswa yang tidak jera , terbukti setiap pemeriksaan masih ada saja siswa maupun siswi yang kedapatan kukunya panjang dan  kotor. (sm)

2090 DIBACA

Biar Mandi Darah Saat Latihan Tetapi Juara Dalam Pertandingan

Akan Berusaha Memberikan yang Terbaik

MAN Siboga Lepas Kontingen Perti Saka Kencana

Hobby Bohong, Pikirkan Enam Akibat Buruknya

Empat Siswa MAN 2 Model Medan Berhasil Hapal Alquran 30 Juz