Kamis,2018-02-08,18:48:43

Penyuluh Agama Islam Kemenag Asahan Kunjungi Kedubes RI di Thailand

Penyuluh Agama Islam Kemenag Asahan Kunjungi Kedubes RI di Thailand Penyuluh Agama Islam Honorer Kemenag Asahan Muhammad Iqbal, M. Pd.I foto bersama dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan Besar Bangkok-Thailand Dr. Mustari, M. Pd

Kisaran ( Inhum ) . Salah satu Penyuluh Agama Islam Non PNS Kementerian Agama Kabupaten Asahan, Muhammad Iqbal, MPd.I melakukan kunjungan silaturahim ke Kantor Kedutaan Besar RI di Bangkok-Thailand saat dirinya sedang melaksanakan tour ke negara tersebut, Rabu 7 Februari 2018.

Iqbal disambut baik oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Bangkok-Thailand Dr. Mustari, M. Pd yang mewakili Kedutaan Besar RI Ahmad Rusdi. Beliau memberikan penjelasan-penjelasan singkat tentang letak geografis dan peta Wilayah Thailand yang dijuluki dengan gelar Negeri Gajah Putih.

Mustari juga mengatakan kepada Iqbal jika berkeinginan melanjutkan pendidikan Strata 3 ( S3 ) di Bangkok, maka Beliau bersedia memberikan rekomendasi untuk belajar di universitas mana yang diinginkannya.

Saat memasuki waktu Zuhur, Iqbal diminta sebagai Imam di Masjid As Safir Kedutaan Besar RI di Bangkok-Thailand. Sangat sulit untuk mencari Imam Masjid di Negeri Gajah Putih, kedatangan Iqbal yang menjadi Imam  di masjid tersebut membuat atase kedubes Bangkok-Thailand salut akan pengucapan yang fasih akan ayat-ayat suci Alquran yang dilafazkannya sehingga Beliau memberikan apresiasinya dan bakda Zuhur Beliau memeluk saudara Iqbal.

Iqbal menyampaikan kepada Humas Kemenag Asahan bahwa kunjungan Beliau ke Kedutaan Besar RI bangkok-Thailand untuk lebih memepererat hubungan tali persaudaraan sesama muslim lintas bangsa juga untuk mengetahui kebiasaan kultur budaya adat istiadat masyarakat Thailand yang dominan beragama Buddha, sedangkan jumlah muslim yang signifikan, yang kebanyakan meliputi Melayu Thai terdapat diwilayah selatan.

Ditambahkan Iqbal bahwa agama Buddha di Thailand sebagian besar beraliran Theravada. Wihara-Wihara Buddha di Thailand diciri-cirikan dengan stupa-stupa emas yang tinggi dan arsitektur Buddha Thailand yang mirip dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya, khususnya Kamboja dan Laos. Saat ini masyarakat Thailand yang menganut agama Buddha ada 94,63%, Islam 4,30%, Kristen 1,03%, Hindu 0,03% dan tanpa agama/lainnya 0,01%.

Akhirnya Iqbal mengatakan semoga perjalanan ini tidak menjadi perjalanan terakhirnya dalam mempererat ukhuwah , disamping menambah wawasan ilmu pengetahuan juga menambah pengalaman dalam hidup dan kehidupan. Beliau  mendoakan kawan-kawan Penyuluh Agama Islam Honorer Kemenag Asahan kiranya juga dapat mempererat ukhuwah lintas negara bahkan kalau bisa dapat mengelilingi dunia. (sm )

198 DIBACA
Kamis,2018-02-08,16:42:30

Kakankemenag Hadiri Rapat Paskah Oikumene Kabupaten Samosir

Kamis,2018-02-08,16:15:30

Kloter I Calon Jemaah Haji Masuk Asrama Haji Embarkasi Tanggal 16 Juli 2018

Kamis,2018-02-08,15:25:20

Kerukunan Umat Di Sumatera Utara Harus Tetap Dijaga

Kamis,2018-02-08,14:17:37

Siswa MTsN 3 Medan Belajar Pelafalan Kosakata dalam Bahasa Inggris

Kamis,2018-02-08,14:08:20

Siswa MAN Lubuk Pakam Juara I Lomba Cerdas Cermat


0 Komentar :