Kepala KUA Panyabungan Berikan Pembekalan Bagi Mahasiswa STAIM Madina

Kepala KUA Panyabungan Berikan Pembekalan Bagi Mahasiswa STAIM Madina

Panyabungan (Inhum). Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Panyabungan H. Sutan Hasibuan, S.Ag,MH menjadi nara sumber pada kegiatan pembekalan bagi Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Madina (STAIM) Panyabungan yang akan melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Kampus STAIM Panyabungan, Jumat 9 Pebruari 2018.

Kegiatan pembekalan ini dilakukan guna memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada para mahasiswa sebelum mereka diterjunkan ke berbagai instansi dan lembaga baik pemerintah maupun swasta yang menjadi sasaran kegiatan PKL mereka.

Salah satu instansi dan lembaga yang menjadi sasaran PKL mahasiswa STAIM ini adalah instansi yang berlogo Ikhlas Beramal yaitu Kementerian Agama.

Sutan Hasibuan yang menyampaikan bahwa instansi Kementerian Agama adalah instansi vertikal bukan termasuk instansi otonomi, yang secara struktural merupakan melaksanakan kebijakan yang ditetapkan Menteri Agama.

“Tugas Kementerian Agama adalah melaksanakan sebagian tugas pemerintahan di bidang pembangunan agama dari tingkat pusat sampai daerah, demikian juga dengan keberadaan Kantor Urusan Agama atau KUA Kecamatan sebagai unit dan garda terdepan dalam memberikan pelayanan dan kontak langsung dengan masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkannya dalam PMA No. 34 tahun 2016 dinyatakan bahwa KUA adalah Unit Pelaksana Teknis pada Kementerian Agama, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan secara operasional dibina oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/ Kota .yang bertugas melaksanakan, layanan dan bimbingan masyarakat Islam di wilayah kerjanya.

“Sedangkan  fungsi  KUA adalah melaksanakan pelayanan, pengawasan, pencatatan, dan pelaporan nikah dan rujuk, menyusun statistik layanan dan bimbingan masyarakat Islam, mengelola dokumentasi dan sistem informasi manajemen KUA Kecamatan, memberikan pelayanan bimbingan keluarga sakinah, pelayanan bimbingan kemasjidan,  Pelayanan bimbingan hisab rukyat dan pembinaan syari’ah, pelayanan bimbingan dan penerangan agama Islam, pelayanan bimbingan zakat dan wakaf, dan melaksanakan ketatausahaan dan kerumahtanggaan pada KUA Kecamatan,” terang Sutan Hasibuan.

Ditegaskannya bahwa Tupoksi dari KUA bukan hanya mencatat dan melaksanakan aqad nikah semata, tapi punya tugas dan fungsi bagaimna membangun kehidupan masyarakat yang religius.

Diakhir penyampaiannya Sutan Hasibuan menekankan kepada para mahasiswa STAIM Panyabungan, bahwa penyelenggaraan PKL itu sebenarnya juga meruapakan bagian dari proses belajar,  biasanya dan selama ini belajar di ruang kuliah duduk berbaris dan berbanjar seperti ini, di PKL kalian akan belajar di lapangan, bagaimana melayani masyarakat dengan baik sesuai dengan regulasi dan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan dan digunakan. (ARH)

56 DIBACA

Hidup Harus Selalu Bersyukur kepada Allah SWT

Maknai Tugas Sebagai Ibadah

Nurkhalishah : Sempurnakan Data Raport K-13 Siswa Kelas XII

Siswa MTsN Meranti Laksanakan Praktik Fardu Kifayah

MTsN Tanah Jawa Siap Hadapi Simulasi II UNBK