Jelang UN, Plt Kakanwil Minta Semua Pihak Tingkatkan Koordinasi

Jelang UN, Plt Kakanwil Minta Semua Pihak Tingkatkan Koordinasi

Medan (Inhum). Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, Drs. H. Tengku Darmansah, MA meminta semua pihak untuk meningkatkan koordinasi demi kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2018.

Demikian disampaikan Plt Kakanwil didampingi Kabid Pendidikan Madrasah Mustapid, MA ketika memberikan arahan dan bimbingan kepada para Proktor, Tekhnisi, dan Helpdesk UNBK yang mengikuti workshop di Hotel Putra Mulia, Medan, Selasa 13 Februari 2018.

Dalam arahannya, Darmansah mengatakan bahwa UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014. Pada tahun 2015 sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer telah sukses diselenggarakan oleh 556 sekolah. 2016 semakin meningkat dengan jumlah penyelenggara UNBK 4.382 sekolah dan pada tahun 2017 sudah mencapai angka 30.557 sekolah penyelenggara UNBK.

UNBK itu sendiri, lanjut Darmansah, bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan khususnya pelaksanaan Ujian Nasional. Selain itu, melalui UNBK, diharapkan dapat mengurangi kecurangan - kecurangan yang selama ini ada dalam pelaksanaan Ujian Nasional.

“Bagi siswa, UNBK akan semakin memacu mereka untuk belajar lebih giat lagi karena peserta didik tidak lagi mengandalkan bocoran kunci jawaban,” ujarnya.

Darmansah berharap melalui pelaksanaan UNBK dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan nilai yang nantinya dihasilkan dapat menjadi patokan untuk mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya.

Plt Kakanwil mengatakan, dalam pelaksanaan UNBK, kerjasama berbagai pihak sangat menentukan kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan Ujian Nasional. Kementerian Pendidikan, Kementerian Agama, Telkomsel selaku penyedia jaringan, dan PLN. Untuk itu, Darmansah mengimbau kepada seluruh pihak terkait untuk meningkatkan koordinasi jelang pelaksanaan UNBK.

Kepada para peserta, Darmansah berpesan untuk mengikuti kegiatan dengan baik dan memanfaatkan waktu seefektif mungkin dalam mengikuti kegiatan sehingga berbagai kendala teknis menjelang pelaksanaan UNBK dapat teratasi yang pada akhirnya dapat mensukseskan pelaksanaan UNBK Tahun Ajaran 2017/2018.

Kegiatan Workshop UNBK Tk. Proktor, Helpdesk, dan Tekhnisi Kabupaten/Kota diikuti oleh 80 orang peserta yang berasal dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se- Provinsi Sumatera Utara dan diselenggarakan dari tanggal 13 - 15 Februari 2018 di Hotel Putra Mulia.

167 DIBACA

MAN 2 Model Medan Resmikan Gedung Aula Baru

Kemenag Asahan Ikut Andil dalam Aksi Kemanusian Palestina

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumut Kunjungi Madina Untuk Buka Unit Layanan Paspor

MAN 2 Model Medan Lokasi Helvetia Resmikan Gapura Baru

Santri Ponpes Daar AlUluum Kisaran Kedatangan Jaksa Masuk Sekolah