Kakankemenag Madina Minta CJH Patuhi Aturan dan Regulasi Haji

Kakankemenag Madina Minta CJH Patuhi Aturan dan Regulasi Haji kakankemenag Madina Drs. H. Muksin Batubara, M. Pd, menyampaikan bimbingan manasik haji bagi CJH Kecamatan Panyabungan di Masjid Agung Nur Ala Nur Panyabungan

Panyabungan (Inhum) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mandailing Natal Drs. H. Muksin Batubara, M. Pd menekankan kepada seluruh Calon Jamaah Haji (CJH) Kecamatan Panyabungan punya kewajiban untuk mematuhi aturan dan regulasi yang telah ditetapkan dan yang berlaku dalam penyelenggaraan haji, baik selmaa berada di Tanah Air maupun di Arab Saudi.

Sesuai dengan UU Nomor 13 Tahun 2008, disebutkan bahwa pemerintah selaku penyelenggara ibadah haji berkewajiban melaksanakan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kepada seluruh jamaah haji, baik selama berada di tanah air maupun di setelah sampai di tanah suci, ujar Muksin Batubara.

Hal ini disampaikannya pada saat sebagai Narasumber pada kegiatan Bimbingan Manasik Haji Bagi CJH Kecamatan Panyabungan di Masjid Agung Nur Ala Nur Aek Godang Panyabungan, Selasa 20 Pebruari 2018.

Menurutnya aturan dan regulasi yang dibuat pemerintah itu adalah untuk mempermudah para jamaah haji dalam melaksanakan ibadah haji, bukan sebaliknya mempersulit jamaah dalam beribadah.

Kepala Kemenag Madina ini juga menambahkan agar para CJH untuk serius dan aktif mengikuti bimbingan manasik haji ini, agar mengetahui, memahami dan mampu melaksanakan seluruh rukun dan kewajiban dari ibadah haji dengan baik sesuai syariat Islam, serta biaya yang dikeluarkan yang cukup besar untuk berhaji ini tidak sia sia, dan berharap memperoleh haji mabrur.

Selain itu, Muksin Batubara yang didampingi Kepala KUA Panyabungan H. Sutan Hasibuan, S.Ag, MH, juga mengajak para CJH untuk terus mempersiapkan diri baik fisik maupun non fisik, jaga kesehatan, jaga pola makan dan berolahraga secara teratur dan disiplin.

"Bersihkan hati dari penyakit penyakit dan sifat yang tidak baik, sombong, angkuh, iri, dengki, hasad, khianat, dendam dan yang lainnya, dengan memperbanyak istgfar dan berzikir kepada Allah SWT," imbuhnya.

Dia juga mengingatkan, berakhlaklah dengan akhlak yang baik, bersikap terpuji, menjunjung tinggi sikap silaturrahmi, mengembangkan sikap saling menolong, membantu yang didasari persaudaraan dan ukhuwah Islamiyah dan wathoniyah. "Membantu dan menolong jamaah yang lain yang memerlukan bantuan, juga merupakan ibadah yang cukup besar imbalannya disisi Allah SWT," pungkasnya. (ARH)

55 DIBACA

Kaur TU dan WKM Kesiswaan MTsN Bandar Berkunjung ke Polsek Perdagangan

Penyelenggara Syariah Kemenag Asahan Tetap Ingatkan Fungsi dan Tugas Nazhir Wakaf

Calon Jemaah Haji Sergai Mulai Mengurus Paspor

KPRI Kemenag Deli Serdang Gelar RAT

Kemenag Asahan Raih Penghargaan Terbaik Satu Pengelolaan BMN Tahun 2017