Ricek Perkembangan Terkini Hasil Tanaman Sendiri

Ricek Perkembangan Terkini Hasil Tanaman Sendiri

Sibolga (Inhum). Siapapun pasti akan merasakan hal yang sama jika berhadapan dengan buah pekerjaan sendiri, adalah hal yang sangat pantas dan wajar apabila seseorang yang menemukan dan melihat hasil pekerjaan yang ia lakukan terus menunjukkan tanda tanda keberhasilan yang sesuai harapan, sekecil atau semini apapun hasil yang didapatkan, tetap saja akan menjadi bagian kebahagiaan dengan nilai tinggi, sehingga tidak dapat ditukar dengan apapun, karena yang menari adalah perasaan, hati dan pemikiran yang tidak dapat dituliskan dengan cara apapun.

Hal ini dikatakan Feblina Nasri Rambe dari XII MIA 3 yang sedang bergembira bersama tiga rekannya saat bersamasama memperhatikan perkembangan tanaman yang mereka kerjakan beberapa hari yang lalu. Feblina mengaku sangat gembira karena tanaman yang mereka miliki berkembang maksimal, mulai menunjukkan pertumbuhan yang baik, ini kata Feblina memberikan banyak arti, memberikan banyak suntikan kegembiraan.

“Melihat tanaman yang kita tanam tumbuh dengan baik tentu sangat memberikan banyak keindahan, kegembiraan dan suka cita. Ini memberikan semangat besar bagi kita untuk kembali melakukan hal yang sama pada kesempatan berikutnya, semoga ini terus berkembang dengan baik, terus tumbuh dengan sempurna dan memberikan hasil yang maksimal,” harap Feblina Nasri Rambe.

Kepada Inhum Selasa, 20 Pebruari 2018, Pokja Lingkungan dan tumbuhan MAN Sibolga Affan Bagus Handoko mengatakan, itulah yang menjadi alasan kuat mengapa beliau selalu mengedepankan konsep pemberdayaan, selalu memberikan peluang yang seluas luasnya kepada siswa untuk melakukan sendiri, mengelola sendiri dan memelihara sendiri seluruh kegiatan praktik yang mereka lakukan di madrasah.

“Ada banyak hal penting yang bisa kita ambil dengan memberikan peluang yang selebar lebarnya kepada para siswa untuk bertanggung jawab terhadap semua kegiatan parktiknya, ini juga memicu kemungkinan peningkatan pengetahuan, apapun alasannya, saat siswa dijadikan sebagai pemilik sebuah tanaman misalnya, maka ia akan terus belajar bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi dan membuatnya tumbuh baik,” demikian kata Affan Bagus Handoko.

Sejalan dengan itu, WKM II Kesiswaan MAN Sibolga Sri Rafiah kepada Ihum mengatakan, dengan semangat yang demikian, maka setiap anak akan lebih mendalami hubungan demi hubungan yang berlangsung, ini juga membangun peluang siswa menjadi mau dan siap meluangkan banyak waktu untuk terus menggali informasi sendiri, sehingga pengetahuan akan tercipta lebih alami.

“Yang lebih penting sebenarnya, jika ada hasil yang muncul, maka tingkat gembiranya akan membahana. Siswa akan dapat merajut kebahagiaan bersama sama dengan perkembangan hasil pekerjaan yang ia lakukan, kita kemudian bisa lebih memposisikan diri sebagai pembimbing setia, yang siap menambahkan pengetahuan yang diperlukan, ricek perkembangan terkini hasil kerja sendiri tentu akan memberikan banyak arti, semangat itu penting untuk terus tumbuh,” jelas Sri Rafiah. (SDP)

67 DIBACA

THP MAN Pematangsiantar Tanamkan Bibit Berwirausaha Bagi Siswa

Jelang Masa Ujian, Kepala MAN Pimpin Rapat Persiapan

Pimpinan Wilayah IPHI Sumatera Utara Kunker ke Kankemenag Tapsel

Kakankemenag Lantik Pokja TKQ/TPQ Kota Medan

Seksi Pendidikan Agama Kristen Kemenag Karo Siapkan Penyusunan Soal USBN