Kakankemenag Asahan Laporkan Hasil Studi Banding ke Kanwil Kemenagsu

Kakankemenag Asahan Laporkan Hasil Studi Banding ke Kanwil Kemenagsu Plt. Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Tengku Darmamsyah, MA menerima laporan hasil studi banding Kemenag Asahan dari Kakankemenag Asahan Dr. H. Hayatsyah, M. Pd didamping Kabid Penmad H. Mustapid, MA

Kisaran ( Inhum ). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asahan Dr. H. Hayatsyah, M. Pd melaporkan hasil studi banding Kemenag Asahan ke Madrasah yang ada di Kota Malang dan Surabaya kepada Plt Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Tengku Darmansyah, MA, di dampingi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah  H. Mustapid, MA, Kamis 22 Februari 2018.

Hayatsyah  menyampaikan bahwa Madrasah di Malang dan Surabaya sangat ketat dalam disiplin baik bagi siswa maupun pada guru. Disiplin dalam waktu masuk madrasah dan disiplin saat terjadinya proses belajar mengajar. Masuk ke Madrasah juga menjalani serangkaian tes yang tentunya salah satu dari tes tersebut adalah dapat membaca Alquran dan melaksanakan shalat. Dengan tidak sembarangan memilih siswa dan dengan tes masuk madrasah yang amat ketat itulah madrasah di Malang dan Surabaya banyak digemari masyarakat setempat.

"Banyak orang tua memasukkan anaknya untuk melanjutkan pendidikan ke madrasah, kualitas madrasah dengan sekolah negeri di Malang dan Surabaya tidaklah jauh tertinggal, malahan beberapa madrasah menjadi favorite masyarakat disana karena mereka yakin dengan pendidikan madrasah dapat menuntun anak mereka menjadi lebih baik dan pintar dalam pendidikan umum juga agama. Keprofesionalan guru dalam mengajar juga dituntut agar siswa madrasah tidak ketinggalan dengan sekolah umum lainnya," imbuhnya.

Dalam pertemuan tersebut, Hayatsyah juga menyampaikan bahwa Kemenag Asahan telah mengumpulkan dana bantuan untuk Palestina berkisar empat puluh dua juta rupiah, dan itu merupakan sumbangan dari seluruh Aparatur Sipil Negara Kemenag Asahan , guru madrasah  juga siswa. Sumbangan tidak dipaksa, seberapa ikhlasnya tetap diterima sehingga tidak menimbulkan konflik dalam pengumpulan dana tersebut, dan satu yang membuat Kemenag Asahan berbangga hati karena ASN yang non muslimpun ikut serta dalam memberikan sumbangan.

Hanyatsyah memohon kepada Plt Kakanwil agar dapat menerima dua orang Aparatur Sipil Negara Kantor Kemenag Asahan menjadi petugas non kloter tahun 2018 karena menurut Hayatsyah yang terpilih ini mempunyai kinerja ( performance ) yang sangat baik dan dapat dibanggakan di Kankemenag Asahan. Syahrizal, SE yang sudah sepuluh tahun menjabat sebagai operator simak BMN yang tahun 2017 ini mendapat penghargaan dari Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara sebagai juara kesatu kategori penghapusan Barang Milik Negara .

Begitu juga dengan Sri Muchlis, S. Sos , enam tahun berkecimpung sebagai penyusun bahan fasilitasi sertifikasi harta benda wakaf yang selalu menjadi nomor satu dalam penyelesaian sertifikat tanah wakaf di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara , juga sebagai penulis berita di Kankemang Asahan dan mampu meraih peringkat tiga tahun 2016 kategori kontributor berita terbanyak di Lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara, imbuhnya.

“ Saya sangat  berharap kedua ASN dari Kankemenag Asahan ini dapat menjadi petugas non kloter haji tahun 2018 sebagai reward atas kinerja mereka," ucap Hayatsyah.

Laporan catatan kinerja harian dan bulanan selama satu tahun menjabat sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asahan juga disampaikan Hayatsyah sebagai bukti atas apa yang telah dilakukan dan diberikannya untuk Kementerian Agama Agama Kabupaten Asahan.

Plt. Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara menerima semua laporan yang disampaikan Kakankemenag Asahan dan berpesan agar hasil studi banding dapat diimplementasikan sehingga akan terwujud madrasah yang hebat dan bermartabat  di Kabupaten Asahan.

Ucapan terima kasih juga disampaikannya karena Kemenag Asahan sudah ikut andil dalam penggalangan dana Palestina dan reward yang diberikan kepada ASN yang berkinerja baik merupakan satu motivasi kepada ASN  lainnya untuk berlomba-lomba dalam meningkatkan kualitas kerjanya.

Disampaikan juga dalam waktu dekat di bulan Maret ini akan datang kunjungan Menteri Agama RI ke Sumatera Utara, Insya Allah melihat langsung beberapa KUA yang mendapat bantuan Surat Berharga Syariah Negara ( SBSN ) sebagai peningkatan kualitas infrastuktur layanan balai nikah dan manasik haji.

Akhirnya Plt Kakanwil Kemenag Sumut menyampaikan tetap semangat dalam bertugas, berikan yang terbaik buat Kemenag Asahan dan terus mensupport ASN Kemenag Asahan  agar mampu memberikan performance yang lebih baik lagi , kedepan Kemenag Asahan tetap akan diperhitungkan. (sm )

78 DIBACA

RAT Koperasi MAN Binjai Berjalan Interaktif dan Penuh Keakraban

Koperasi MAN Binjai Berasaskan Kekeluargaan

Mari Terus Jalin Kerjasama Untuk Semakin Berbenah

Jangan Hanya Pandai Bicara, Hidup Ini Gerak Nyata

Ingin Terus Beranjak Membaik, Bertemanlah dengan yang Baik