Berbagi Informasi Seputar Perguruan Tinggi

Berbagi Informasi Seputar Perguruan Tinggi

Sibolga (Inhum). Saat menunggu pelaksanaan Simulasi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional-Basis Komputer (UAMBN-BK) Jumat, 9 Maret 2018, beberapa siswa tampak berbincang serius dengan WKM II Kesiswaan MAN Sibolga Sri Rafiah di taman halaman utama madrasah. Perbincangan ini tampak serius karena membahas persiapan pendaftaran Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN).

Kepada Inhum, Eliaman Chaniago mengatakan, saat registrasi seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) beliau tidak masuk dalam jajaran 50% besar sehingga tidak memiliki kesempatan untuk ikut mendaftar, dengan begitu, perhatian Eliaman saat ini tertuju ke SPAN-PTKIN.

“Kita penting untuk mendapat nasehat dari para guru, khususnya WKM II Kesiswaan, karena beliau tentu memiliki catatan catatan tentang kita selama menjadi siswa di MAN Sibolga, nasehat beliau akan menjadi pertimbangan penting, menjadi data banding sebelum mengambil keputusan tentang pemilihan program studi di perguruan tinggi,” demikian kata Eliaman Chaniago.

Hal yang sama juga dikatakan Putri Syawari Siregar dari XII IIS 2, beliau mengaku mereka memang sengaja mengambil waktu untuk berbincang dengan Sri Rafiah, meminta pandangan dan nasehat dalam menentukan pilihan prodi pada perguruan tinggi yang ingin dilamar, selain dengan WKM II, Putri Syahwari juga mengaku melakukan hal yang sama dengan Wali Kelas mereka.

Menanggapi hal ini, Kepala MAN Sibolga Muallim kepada Inhum mengatakan, apa yang dilakukan para siswa adalah langkah yang baik, langkah yang tepat agar dapat mengambil pilihan yang paling sesuai. Pertimbangan dari orang orang yang sudah lebih dulu menurut Muallim penting untuk didengarkan, karena sering pada kenyataannya, orang lain jauh lebih tahu kelebihan dan kekurangan kita ketimbang kita sendiri. (SDP)

59 DIBACA

Selamat Hari Perempuan Internasional

Sebuah Film Dapat Mengubah Dunia dan Bahasa Inggris Dapat Kuasai Dunia

Kakankemenag Asahan Imbau Tebarkan Kedamaian Dalam Hadapi Pilkada

Simulasi UAMBN-BK Lancar Hingga Sesi Kedua

Nikmatnya Rasa Bersyukur