Pengembangan Diri, Bukan Hanya Untuk Siswa

Pengembangan Diri, Bukan Hanya Untuk Siswa WKM IV Sarpras MAN Sibolga Putra Indra

Sibolga (Inhum). Ada banyak guru yang langsung melakukan koreksi saat setelah Penilaian Tengah Semester (PTS) usai dilaksanakan, salahsatunya adalah WKM IV Sarpras MAN Sibolga Putra Indra, beliau langsung melakukan kegiatan koreksi dihari yang sama dengan pelaksanaan ujian, hal ini dilakukan agar lebih cepat dapat mengetahui hasil perolehan siswa untuk selanjutnya dilakukan analisa.

Kepada Inhum Sabtu, 10 Maret 2018, Putra Indra mengatakan, hasil PTS siswa dapat memberikan banyak gambaran bagi guru, tidak hanya sebatas hasil dalam bentuk angka, tuntas atau tidak tuntas, akan tetapi banyak hal lain yang sangat berhubungan dengan perangkat pembelajaran, hasil PTS kata Putra dapat menjadi acuan bagi guru untuk memfinalisasi program tengah semester kedua.

“Kita perlu melakukan analisa terhadap hasil siswa, ini bukan hanya mengukur kemampuan siswa dalam menjawab, akan tetapi juga termasuk mengukur kemampuan kita dalam menyajikan pertanyaan. Hasil yang diperoleh, baik atau buruk tetap harus menjadi bahan pertimbangan, jika hasilnya baik kita bisa bertanya, apakah karena kita memberikan pertanyaan yang terlalu mudah,” demikian kata Putra Indra.

Lebih lanjut Putra Indra mengatakan, jika hasilnya buruk, kita tidak bisa langsung memberi klaim kalau itu sepenuhnya merupakan kesalahan siswa, tidak mampu, bodoh, tidak paham atau lain sebagainya. Akan tetapi setiap guru harus juga bertanya dan menganalisa kenapa itu bisa terjadi, bagaimana kalau ternyata yang salah adalah guru, tidak pandai atau kurang tepat dalam memberikan pertanyaan.

“Harus ada analisa yang cukup, lengkap dan akurat terhadap hasil kerja siswa, karena itu dapat menjadi bahan terbaik bagi guru untuk terus berkembang menjadi lebih baik. Kita harus pahami bahwa, pengembangan diri bukan hanya untuk siswa, tapi juga penting bagi guru, baik dalam bentuk bimbingan teman sejawat atau juga secara mandiri,” jelas Putra Indra. (SDP)

47 DIBACA

Penilaian Tengah Semester Selesai Hari Ini

Bahaya Sampah Dalam Kehidupan Manusia

Jangan Abaikan Kekuatan Doa

Lima Budaya Kerja Modal Kita Dalam Setiap Pelaksaan Tugas

Karommah Kota Pematangsiantar Berakhir