Selasa,2018-03-13,15:41:08

Pentingnya Kesehataan Reproduksi Pra Nikah Bagi Catin

Pentingnya Kesehataan Reproduksi Pra Nikah Bagi Catin Kakankemenag Asahan Dr. H. Hayatsyah, M. Pd , dkk saat mengikuti Workshop Kesehatan Reproduksi Calon Pengantin di Hotel Aston

Kisaran ( Inhum ). Kepala Kantor Kementerain Agama Kabupaten Asahan Dr. H. Hayatsyah, M. Pd mengikuti kegiatan Workshop Kesehatan Reproduksi Calon Pengantin di Hotel Aston Bekasi Jawa Barat, 12 s.d 15 Maret 2018.

Kegiatan dibuka oleh Dirjen Kesehatan Keluarga Kemenkes RI dr. Eni Agustina, M.PH didampingi Dirjen Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kemenag RI Dr. H.Mohsen , MM . Eni menyampaikan bahwa kesehatan reproduksi sangat penting bagi calon pengantin karena kenyamanan dalam rumah tangga juga dipengaruhi oleh faktor refroduksi yaitu cara dasar mempertahankan diri yang dilakukan oleh semua bentuk kehidupan oleh pendahulu setiap individu organisme untuk menghasilkan suatu generasi selanjutnya.

Kesehataan reproduksi itu merupakan suatu keadaan kesehatan yang sempurna baik secara fisik, mental, dan sosial dan bukan semata-mata terbebas dari penyakit atau kecacatan  dalam segala aspek yang berhubungan dengan sistem reproduksi, fungsi serta prosesnya.

Dikatakannya pentingnya konseling pranikah bagi calon pengantin agar membuat pasangan  calon pengantin akan lebih mempersiapkan diri dalam pernikahan sehingga bilamana dalam keluarga nanti terjadi perselisihan paham maka kekerasan dalam rumah tangga dapat dicegah sedini mungkin. Proses menghadapi kelahiran anakpun tidak menjadi keresahan yang mendalam bagi pasangan pengantin yang memulai pernikahan karena sebelumnya telah mendapat bimbingan yang layak tentang kesehatan reproduksi.

Untuk itu diharapkan adanya sinergi antara Kemeterian Agama dengan Dinas Kesehatan dalam membantu proses kesehatan reproduksi pra nikah para calon pengantin , sehingga generasi muda yang akan menikah telah matang lahir dan bathin dan kedepannya generasi Indonesia calon pengantin pra nikah sadar diri untuk memeriksa kesehatannya tanpa adanya paksaan.

Dr. H. Mohsem, MM mengucapkan terima kasih atas kerja sama selama ini untuk mewujudkan keluarga sehat, kokoh dan keluarga sakinah. Semoga Kegiatan ini menambah wawasan akan kesehatan produksi pra nikah yang akan disampaikan nantinya kepada para calon pengantin saat mendaftarkan diri di Kantor Urusan  Agama Kecamatan.

Kegiatan dihadiri dari beberapa perwakilan 9 Kemenag Kabupaten Kota di Provinsi Sumatera Utara, Dinas Kementerian Kesehatan, PKK, Persit Kartika Candra Kirana , dan Organisasi Profesi Wanita Lainnya. (sm)

96 DIBACA
Selasa,2018-03-13,13:29:11

Simulasi Gladi Bersih UNBK di Hari Kedua Tanpa Kendala

Selasa,2018-03-13,12:12:17

MAN Kabanjahe Gelar Gladi Bersih UNBK Hari Kedua

Selasa,2018-03-13,11:40:58

Perkuat Iman dan Ibadah Sebagai Benteng Menghadapi Fitnah Syahwat

Selasa,2018-03-13,09:39:49

DWP Kemenag Humbahas Gelar Pertemuan Bulanan

Selasa,2018-03-13,09:36:04

Mengintip Ujian Praktik Kelas IX MTsN 3 Medan


0 Komentar :