Kamis,2018-04-12,09:38:31

Proktor dan Teknisi Jantung Kehidupan UNBK

Proktor dan Teknisi Jantung Kehidupan UNBK Kepala MAN 2 Model Medan H. Irwansyah foto bersama Proktor dan Teknisi.

Medan (Inhum). Kesuksesan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sangat tergantung pada kesiapan Proktor dan Teknisi (Protek), sehingga dapat dikatakan Protek ini merupakan Jantung Kehidupan UNBK di MAN 2 Model Medan.

Demikian disampaikan Kepala MAN 2 Model Medan Drs. H. Irwansyah, M.A sekaligus penanggung jawab UNBK pada saat briefing pagi hari terakhir UNBK di ruang guru pukul 07.00, Kamis (12/04/2018).

Irwansyah mengungkapkan bahwa fungsi proktor dan teknisi dalam pelaksanaan UNBK sangatlah penting untuk ujian nasional yang menggunakan sistem Computer Based Test (CBT). Tanpa keberadaan seorang proktor maka sulit untuk untuk memasukkan semua data dari pusat ke dalam server. Selain itu juga proktor mempunyai tugas penting untuk menjaga server dari jaringan client di dalam ruangan yang menjadi tempat pelaksanaan ujian agar tetap terkoneksi dengan baik.

Irwansyah menambahkan, selain proktor peran teknisi juga sangat vital sebagai petugas pengelola laboratorium komputer (pranata komputer) di sekolah/madrasah yang melaksanakan UNBK. Tanpa teknisi pengelolaan lab komputer yang digunakan untuk UNBK tidak akan lancar.

“Perlu diketahui bahwa peserta UNBK di MAN 2 Model Medan merupakan peserta terbanyak se-Sumatera Utara dengan 8 server, tahun ini peserta meningkat dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya menggunakan 6 server, secara tehnis kelancaran UNBK di MAN 2 ini berada di bawah pengawasan Ketua Panitia Dra. Hj. Ellya Hafni,” tutur Irwansyah.

Staf WKM Humas MAN 2 Model Medan Imamul Muttaqin, M.A menjelaskan, keberadaan proktor dan teknisi mulai dikenal di dunia pendidikan sejak tahun 2015 lalu, tepatnya ketika UNBK diberlakukan untuk beberapa sekolah/madrasah yang sudah siap. Tahun ini merupakan tahun kedua bagi MAN 2 Model Medan melaksanak UNBK, untuk itu MAN 2 telah menyiapkan proktor dan teknisi yang ahli dan handal.

Adapun nama proktor UNBK MAN 2 sebagai berikut : ruang I Humairoh Rangkuti, S.Pd, ruang II Chairunnisa Wulan Sari, S.Pd, ruang III Intan Kurnia, S.Pd, ruang IV Novita Sari, S.Pd, ruang V Noor Syahira, S.Pd, Ruang VI Helda Anggraini, S.Pd, Ruang VII Ratna Soraya, S.Pd, Ruang VIII Ara Yustiana, S.Pdi dan seorang proktor utama yaitu Hilma, S. Pd. Sedangkan teknisi yaitu : ruang I Khairun Naim, S.PdI, ruang II Marsidi, M.Si, ruang III Riskana Muda, S.Pdi, ruang IV Rahmad Ramadan, ruang V Khairullah, S.H.I, Ruang VI Zul Efendi, ruang VII Deni Perdana Siregar, ruang VIII Fauzi Pane, S.Pd dan seorang teknisi utama yaitu Bambang Hadi Suwanto. Demi kelancaran

45 DIBACA
Kamis,2018-04-12,09:10:20

Jangan lakukan Hal yang Sia-Sia

Kamis,2018-04-12,08:26:35

Ini Seragam Kita, Seragamku dan Seragam Kamu

Kamis,2018-04-12,07:36:58

MAN Lima Puluh Menolak Aksi Coret Coret

Rabu,2018-04-11,23:58:43

Kakankemenag Tapsel Monitoring UNBK di MAN Sipirok

Rabu,2018-04-11,23:28:52

Mustapid : Pelaksanaan UNBK MAN Binjai Berjalan Lancar