Puskesmas Barus Sosialisasi Bahaya AIDS/HIV dan Perokok di MTsN Barus

Puskesmas Barus Sosialisasi Bahaya AIDS/HIV dan Perokok di MTsN Barus

Barus (Inhum). Tim Puskesmas Barus sosialisasikan bahaya AIDS/HIV dan perokok di MTsN Barus. Tim yang dipimpin oleh Shopia Suryani Batubara ini memilih MTsN Barus sebagai salah satu objek instansi pendidikan dalam penyuluhan mengingat tingginya grafik yang dicatut usia remaja akan masalah itu, Kamis 19 April 2018.

Menurut penjelasan Shopia bahaya AIDS/HIV sering tertular dari alat suntik jarum yang dipakai oleh para pemakai narkoba. Untuk perokok sendiri hampir banyak permasalahannya pada remaja dengan ajang coba coba akhirnya menjadi sebuah kecanduan.

Dalam sosialisasi tim puskesmas tersebut yang dibantu dengan infokus dalam penyajian materinya menjelaskan macam macam bahaya dari masing masing jenis masalah tersebut. Untuk asap rokok misalnya banyak mengandung zat kimia berbahaya seperti tar, nikotin, karbonmonoksida, iritan dan kasinogen.

Semua zat tersebut perusak organ yang ada di dalam tubuh manusia yang mempercepat kematian. Selain dampak fatal tersebut bahaya merokok bagi pelajar menggangu performa di sekolah dimana nilai berkurang dan minat belajar juga turut berkurang. Perkembangan paru paru tidak berjaln baik ditandai sesak nafas dan batuk yang terus menerus, lebih sulit sembuh saat sakit. Kecanduan atau tidak tedapat insomnia, muntah, marah, depresi, berprilaku negatif di sekolah. Terlihat lebih tua dari usianya, ungkapnya dengan semangat. Saat penyuluhan itu tim pukesmas mencoba mnyikapi, Ungkapnya.

Dia juga telah mengintrogasi beberapa siswa yang telah merokok dan memakai narkoba. Shopia juga menanyakan langsung kepada anak anak yang berhadir tentang pengonsumsi rokok yang tidak mencitai diri mereka.

Selain penyuluhan tersebut, puskesmas baru juga memberikan obat cacing yang dibagi satu persatu kepada siswa/i dan MTsn Barus.  

Alhamdulillah, saya senang berkunjung di MTsN Barus. Dari kelas VII dan VIII yang dihadirkan dalam ruangan itu semua antusias mengikutinya. Semoga pelajar MTsN Barus tidak ada yang tidak tahu menyelesaikan hal itu  kalau bukan diri sendiri, ungkanya.

17 DIBACA

Protek MTsN Barus Pimpin Sosialisasi UNBK Kabupaten

Pengawas Ruang, Proktor dan Teknisi UNBK/UNKP MTs se Kota Binjai Dikukuhkan

Kasi Urusan Agama Kristen Hadiri Penyambutan Kirab Obor Paskah Nasional 2018

Kakankemenag Karo Buka Ibadah Perayaan Paskah Pengawas dan Guru

Rapat Tim Monitoring UNBK/UNKP MTs Pastikan Ujian Berjalan Lancar