Siswa MAN Binjai Ziarah ke Makam Pendiri Kerajaan Samudra Passai

Siswa MAN Binjai Ziarah ke Makam Pendiri Kerajaan Samudra Passai

Binjai (Inhum). Makam Raja Islam Malikussaleh, merupakan situs bersejarah yang sangat monumental di kota Lhokseumawe, bahkan dipenjuru Nusantara pada masa dahulu kala. Hal ini diungkapkan Syahril Hasibuan guru mata pelajaran Sejarah Indonesia MAN Binjai pada saat melaporkan hasil kegiatan studi wisata religi ke kota Lhokseumawe, Minggu 13 Mei 2018.

Syahril juga menjelaskan bahwa tujuan kunjungan mereka ke Makam pendiri kerajaan Samudra Passai tersebut adalah untuk mengetahui dan mengamati secara langsung sejarah kerajaan Samudra Passai.

Siswa/I MAN Binjai juga mendengarkan cerita sejarah tentang sosok Sultan Malikussaleh dari seorang penjaga Makam bernama Husni dilokasi tersebut.  Husni menjelaskan bahwa orang yang berada dalam malam tersebut merupakan pendiri Kerajaan Islam Samudera Pasai yang bernama Meurah Silu yg bergelar Malik al-Saleh atau yang lebih dikenal dengan Malikussaleh, dan merupakan Raja Pertama Kerajaan Samudra Pasai yang pernah menyebarkan Islam di Asia Tenggara.

“Kerajaan Samudra Pasai sendiri merupakan Kerajaan Islam terbesar di Indonesia pada abad ke-13 yang bukan hanya menjadi Pusat Perdagangan Internasional, tapi juga Peradaban dan Pendidikan Islam,” ungkap Husni.

Siswa/I MAN Binjai juga tampak serius mendengarkan penjelasan juru kunci makam tersebut dan mereka diwajibkan untuk mencatat dan melaporkan hasil kunjungan tersebut kepada guru mata pelajaran Sejarah Indonesia Syahril Hasibuan. (js)

28 DIBACA

Hutan Mangrove Berfungsi Mengurangi Resiko Pemanasan Global

Lepas Penat Siswa MAN Binjai Kunjungi Pantai Ujong Blang

Tradisi Jelang Ramadan, Ziarah Kubur Bersama Keluarga

Tabur Bunga, Tradisi Tak Jelas Asal Usulnya

Aturan Jam Kerja Sudah Jelas Tertera, Ikuti Sebaik Baiknya