Awal Ramadan Jatuh pada 17 Mei 2018

Awal Ramadan Jatuh pada 17 Mei 2018

Medan (Inhum). Pemerintah menetapkan 1  Ramadan 1439 H /2018 M jatuh pada hari Kamis, 17 Mei 2018. Penetapan ini berdasarkan sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin No. 6, Jakarta, Selasa (15/5).

Sementara itu Pengamatan Rukyatul  Hilal Awal Ramadan 1439 H/ 2018 M di Provinsi Sumatera Utara dilaksnakan di Anjungan Lantai IX Kantor Gubernur Sumatera Utara yang dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Utara Hj. Nurhajizah Marpaung, Plt Kakanwil Kemenag Sumut Drs.H.T. Darmansah, MA, Kepala Biro Binsos dan Kemasyarakatan Setdaprovsu,Muhammad Yusuf, Pimpinan Ormas Islam serta pejabat lainnya.

Wakil Gubsu dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan hal yang penting untuk dilaksanakan karena hasilnya akan dijadikan bahan pertimbangan pada Sidang Isbat di Jakarta yang dipimpin oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

“Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Kanwil Kemenag Sumut dan BMKG Wilayah I Medan untuk penentual  awal  Ramadan, “ ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Wakil Gubsu juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan 1439 bagi umat Islam yang melaskanakannya.

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah I Medan Edison Kurniawan, S.Si,M.Si menyimpulkan waktu terbenam matahari di Kota Medan tanggal 15 dan 16 Mei akan terjadi pada pukul 18.30 WIB. Pada pengamatan hari ini kemungkinan besar tidak akan tampak atau terlihat pada posisi hilal masih berada di bawah ufuk yang selama ini kita lihat,” ungkapnya.

Sementara itu Plt Kakanwil Kemenag Sumut mengatakan hasil pengamatan Rukyatul Hilal awal Ramadan 1439 H akan dilaporkan kepada Menteri Agama sebagai bahan pertimbangan pada sidang penetapan isbat yang berlangsung di Kemenag RI di Jakarta.

Darmansah juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan 1439 H, semoga Allah SWT memberikan maghfirah dan hidayah-Nya kepada kita semua dan Ukhuwah Islamiyah tetap terjalin dengan baik.

117 DIBACA

Menguasai Teknologi Informasi keharusan yang Muntlak di Jaman Now

Tingkatkan Kinerja dan Lakukan Inovasi dalam Penyampaian Informasi

Irfan Sembiring : “ Bikin Web site harus siap tanggung resiko’

Raih Peringkat II Kami Optimis Rebut Kembali Peringkat I Tahun Depan

MAN Binjai Raih Predikat Penulis Berita Terbaik I