Sabtu,2018-05-26,06:03:14

Penyusunan Rancana Kerja Harus Berdasarkan Kebutuhan Bukan Permintaan

Penyusunan Rancana Kerja Harus Berdasarkan Kebutuhan Bukan Permintaan

Sergai (Inhum). Dalam penyusunan rencana kerja suatu instansi pemerintahan harus berdasarkan data yang akurat, sesuai dengan kebutuhan, bukan berdasarkan keinginan dari masing-masing satker.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Kanwil Kementerian Agama Provisni Sumatera Utara Drs.H.T. Darmansah,  MA saat membuka acara Panduan Teknis Penyusunan Anggaran Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) di Wong Rame Resort Kabupaten Serdang Bedagai, Jumat 25 Mei 2018.

Plt Kakanwil Kemenag Sumut mengatakan, pengelolaan anggaran yang baik diawali dengan perencanaan yang baik pula dan penyusunan anggaran harus sesuai dengan visi dan misi Kementerian Agama.

“Gunakan metode bottom up dalam menyusun anggaran dan sesuaikan dengan kebutuhan, jangan sesuaikan dengan permintaan. Penyusunan anggaran juga harus memperhatikan Standar Biaya Umum,” ungkapnya.

Darmansah mengharapkan melalui kegiatan ini diharapkan satker mempunyai pemahaman tentang penerapan dan tata cara penyusunan serta input data RKAKL program kerja tahun 2018.

Dia menjelaskan, faktor yang mempengaruhi perubahan struktur anggaran 2017, dikarenakan adannya kebijakan pemerintah tentang prioritas pembangunan infrastruktur yang menyebabkan berkurangnya anggaran untuk kegiatan.

“Selain itu, adanya perubahan data base, siswa penerima BOS, BSM dan KIP beserta penyesuaian data pegawai terkait dengan pembayaran gaji dan tunjangan, juga mengakibatkan gaji dan tunjangan pada beberapa program berlebih, sehingga disesuaikan dengan data riil,” paparnya.

Plt Kakanwil menyampaikan, demi menghindari kelebihan Pagu seperti yang terjadi pada tahun sebelumnnya, di tahun ini, sepatutnya kita mencermati dengan sebaik mungkin anggaran yang ada di masing-masing Satker sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Acara tersebut dihadiri Kepala Bidang PAKIS Drs.H. Burhanuddin Damanik, MA dan seluruh Kasi Bidang PAKIS. Peserta pada kegiatan ini adalah Kasi Pendidikan Islam dan operator kemenag kabupaten/kota se Sumatera Utara.

127 DIBACA
Sabtu,2018-05-26,05:40:12

Bukber Cara Ampuh Penyambung Silaturahmi

Sabtu,2018-05-26,05:38:07

Pelaksanaan UAS MTsN Lubuk Pakam Telah Selesai

Sabtu,2018-05-26,03:51:26

Perdalam Khazanah Pengetahuan Islami melalui Pesantren Kilat Ramadan

Sabtu,2018-05-26,02:16:34

Masyarakat Tanjung Morawa sambut Tim Safari Ramadan Kemenag Deli Serdang

Jumat,2018-05-25,20:45:55

Program Kegiatan Kegamaan Tidak Sekedar Mengisi Kekosongan


0 Komentar :