Tujuh Keutamaan Menuntut Ilmu

Tujuh Keutamaan Menuntut Ilmu WKM III Humas MAN Sibolga Khairuman Lubis

Sibolga (Inhum). Ada banyak keutamaan menuntut ilmu berdasarkan Alquran dan Assunnah, dari referensi yang ada, setidaknya ada tujuh keutamaan keutamaan ilmu dan orang orang yang peduli dan menjadi penuntutnya, mulai dari pernyataan ilmu adalah amalan yang tidak terputus pahalanya.Sebagaimana dalam hadits, jika  manusia  meninggal  maka  terputuslah  amalnya kecuali  tiga perkara, sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang shaleh  yang  mendoakan  kedua  orangtuanya, Hadis Riwayat  Bukhari  dan Muslim.

Demikian penyampaian WKM III Humas MAN Sibolga Khairuman Lubis dalam acara penyerahan raport bagi siswa di lingkungan MAN Sibolga Jumat, 8 Juni 2018. Saat ini lanjut Khairuman, seluruhnya berada dalam posisi menuntut ilmu, kenapa seluruhnya penting untuk terus serius, karena itu tadi, ada keutamaan yang ikut didalamnya.

Lebih lanjut Khairuman Lubis mengatakan, orang yang menuntut ilmu tanpa letih akan menjadi saksi terhadap kebenaran. Hal ini termaktub dalam Alquran Surat Ali Imran ayat 18 yang menjelaskan, Allah SWT menyatakan  bahwasanya  tidak  ada  ilah  yang  berhak disembah  kecuali  dia.  Yang  menegakkan  keadilan,  para  malaikat dan  orang  berilmu.

“Keutamaan yang ketiga, Allah SWT mengangkat derajat orang yang berilmu, hal ini dapat dilihat dalam Alquran Surat Al Mujadilah ayat 11, sedangkan yang keempat ilmu adalah anugerah Allah yang sangat besar,” demikian kata Khairuman Lubis.

Lebih jelas kata Khairuman Lubis dapat dilihat dalam Alquran Surat Albaqarah ayat 269, disana dijelaskan, Allah SWT menganugerahkan  alhikmah, kefahaman  yang  dalam tentang Alquran dan Assunnah kepada siapa yang dikehendaki-Nya.  Dan  barangsiapa  yang  dianugerahi  hikmah,  ia  benar benar  telah  dianugerahi  karunia  yang  banyak.  Dan  hanya  orang orang yang  berakallah  yang  dapat  mengambil  pelajaran.

Keutamaan yang kelima dijelaskan dalam hadist riwayat Muslim bahwa menuntut ilmu merupakan jalan menuju Surga, dalam hadist tersebut dijelaskan, barang  siapa  yang  menempuh suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu maka Allah SWT akan memudahkan  baginya  jalan  menuju  surga. Sedang yang keenam disebutkan sebagai tanda kebaikan seorang hamba. Ketika  seorang  hamba  diberi  kemudahan untuk memahami dan mempelajari ilmu syar’i, itu  menunjukkan  bahwa  Allah SWT menghendaki kebaikan  bagi hamba tersebut dan membimbingnya menuju kepada hal hal yang diridhai-Nya.

“Keutamaan yang ketujuh dijelaskan dalam hadis riwayat Turmidzi dan Ibnu Majah, dimana ilmu  agama  menyelamatkan  dari laknat Allah SWT. Disebutkan  dalam  sebuah  hadits  yang diriwayatkan  dari  sahabat  Abu  Hurairah RA,  Rasulullah SAW bersabda, sesungguhnya  dunia  itu  terlaknat,  terlaknat segala  isinya,  kecuali  zikir  kepada  Allah  dan amalan amalan  ketaatan,  demikian  pula seorang  yang  alim  atau  yang  belajar, “ jelas Khairuman Lubis. (SDP)

31 DIBACA

Penyerahan Hasil Belajar Semester Genap TP 2017-2018

Kepala MTsN Kabanjahe Hadiri Buka Puasa Bersama

MTsN Lubuk Pakam Bagikan Rapor dan Santunan Anak Yatim

Siswa MAN Sergai Terima Raport Semester Genap

MTsN 1 Labuhanbatu Laksanakan Upacara Penutupan Belajar