MATSAMA Harus Mengedepankan Makna

MATSAMA Harus Mengedepankan Makna Kepala MAN Sibolga Muallim

Sibolga (Inhum). Masa Taaruf Siswa Madrasah (MATSAMA) bukan hanya sebatas kegiatan seremonial, bukan hanya sebatas menjalankan kegiatan biasa, apalagi ditambah bahasa yang penting terlaksana, pemikiran semacam itu merupakan pemikiran yang sama sekali tidak dapat diterima, merupakan sikap yang super salah dan akan melahirkan masalah.

Demikian disampaikan Kepala MAN Sibolga Muallim Kamis, 12 Juli 2018 menanggapi akan berlangsungnya MATSAMA MAN Sibolga untuk Tahun 2018-2019 yang dijadwal mulai Jumat, 13 Juli 2018 besok. Kepada Inhum Muallim mengatakan, MATSAMA merupakan salah satu bagian dan kegiatan penting bagi berlangsungya kegiatan madrasah pada kesempatan berikutnya.

Oleh karena itu lanjut Muallim, pihak madrasah harus menjadikan MATSAMA sebagai momen besar, kegiatan penting dan harus melahirkan jutaan makna, bukan hanya pada mereka yang baru, tapi juga kepada seluruh elemen yang terlibat dalam kegiatan tersebut, baik dari kalangan Guru, TU, maupun siswa yang dilibatkan.

“Agenda MATSAMA harus jelas, lugas, padat dan bermakna. Kegiatan harus disetting sempurna dan mengedepankan makna, artinya setiap rutinitas yang dilakukan dapat memberikan hasil dan manfaat kepada para peserta, memberikan pengetahuan dan pengalaman baru yang berguna selama menjadi siswa madrasah,” demikian kata  Muallim.

Lebih lanjut Muallim mengatakan, sudah tidak masanya lagi proses MATSAMA ala OSPEK atau bentuk lain yang justru lebih banyak melahirkan aroma negatif. Kegiatan MATSAMA murni untuk pengenalan, baik pengenalan diri, lingkungan dan kegiatan yang akan dihadapi kedepan, selama tiga tahun dimadrasah, bukan menunjukkan superior atau yang sebentuk dengan itu yang bernilai kurang baik.

“Intinya itu, MATSAMA harus mengedepankan makna. Bagaimana seluruh agenda yang dijadwalkan dalam kegiatan ini memberikan cerminan jelas dan tegas bagaimana MAN Sibolga bekerja, bagaimana madrasah menjalankan kegiatannya dan bagaimana sikap seharusnya dari seluruh warga madrasah yang ada,” tegas Muallim. (SDP)

11 DIBACA

Updating Data Pribadi Tanggung Jawab Sendiri

MAN Sergai Adakan Rapat Pembagian Tugas

Siap Berikan Warna dalam MATSAMA

Tidak Hadir Hingga Hari Ini Dianggap Mengundurkan Diri

Selalu Ingat Kematian, Taubat Diri Segera Datang