BK adalah Tempat Curhat, Mencari Solusi yang Tepat

BK adalah Tempat Curhat, Mencari Solusi yang Tepat

Kabanjahe (Inhum). Satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari sistem pendidikan adalah bimbingan konseling. Bimbingan konseling merupakan upaya untuk membantu individu melalui proses interaksi yang bersifat pribadi antara konselor dan konseli agar konseli mampu memahami diri dan lingkungannya, mampu membuat keputusan dan menentukan tujuan berdasarkan nilai yang diyakininya. Sehingga konseli merasa bahagia dan efektif perilakunya.

Hari kedua Masa Taaruf Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Karo diawali dengan penyampain materi Tata Tertib Siswa di madrasah yang wajib ditaati oleh seluruh siswa, Jumat 13 Juli 2018.

Materi ini disampaikan oleh guru bimbingan konseling yaitu Nirwati Tarigan, S.Ag dan Mutiara Sesqoriah, S.Pd.I.

Nirwati dalam presentasi menjelaskan bahwa, “Ananda sekalian, dalam proses pembelajaran,  setiap guru atau pendidik memiliki keinginan agar semua peserta didiknya dapat memperoleh hasil belajar yang baik dan memuaskan. Harapan tersebut seringkali kandas dan tidak terwujud, karena banyak siswa bersikap tidak seperti yang diharapkan.

Dia melanjutkan, “ananda sekalian, sikap yang tidak terarahakan membawa kesulitan dalam belajar. Untuk mengatasi masalah kesulitan belajar maka bimbingan dan konseling dapat memberikan layanan dalam bimbingan belajar, bimbingan sosial, dan bimbingan dalam mengatasi masalah-masalah pribadi..

"Maka ketika menjalani proses pendidikan di madrasah kita, bila pada waktu tertentu ananda memiliki masalah, silahkan sampaikan kepada kami, karena inilah tugas kami. Jangan pernah sungkan dan takut untuk bercerita kepada kami, apapun masalah yang ananda hadapi. Bimbingan Konseling bukan tempat siswa yang bermasalah, namun tempat siswa untuk mencari solusi dari masalah yang dihadapi. Bimbingan konseling adalah tempat curhat, maka solusi yang diperoleh pun tepat,” tutupnya.

Senanda dengan hal tersebut Mutiara menyampaikan kepada peserta didik bahwa “bimbingan konseling memiliki banyak manfaat diantaranya adalah pertama mendapatkan saran dan solusi atas masalah yang sedang dihadapi, kedua rahasia dijamin aman, semua masalah khususnya masalah pribadi akan dijamin kerahasiaannya, dan yang ketiga adalah hati akan menjadi lega, Jadi jangan pernah takut untuk datang ke ruang bimbingan konseling,” jelasnya. Materi ini berjalan dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 09.15 WIB. (ays)

269 DIBACA

Matsama MAN 1 Tapanuli Tengah

Jadilah Dewan Hakim yang Tegas dan Profesional

Penyelenggara Syariah dan PAI Ikuti Acara Kampanye Stop Narkoba Madina

Kasi Bimas Kristen Dukung KKR Akbar se Kabupaten Samosir

Widyaiswara BDK Medan Kunjungi MAN 1 Deli Serdang